Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Enam Orang Sekeluarga di Jepara Positif Covid-19, Klaster Kasus 08 yang Meninggal

MURIANEWS, Jepara – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 kembali menyampaikan adanya kasus positif covid yang baru. Penambahannya tidak tanggung-tanggung, langsung ada enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mereka merupakan bagian dari Klaster 08 yang baru saja meninggal pada Selasa (2/6/2020) pagi tadi.

Baca: Lagi Dua Warga Jepara Positif Covid-19, Salah Satunya Pedagang di Pasar Ratu

Juru Bicara GTPP Covid-19 Jepara, dr M Fakhrudin menyatakan enam orang yang terkonfirmasi Covid-19 ini merupakan kontak dekat dari pasien Kasus 08. Mereka merupakan istri, adik, dan empat orang anaknya.

Saat ini mereka masih diminta menjalani karantina mandiri karena masih dalam status Orang Tanpa Gejala (OTG).

Baca: Hasil Rapid Test Massal di Pasar Jepara 2 dan Pasar Lebak, Sembilan Orang Reaktif

“Enam orang yang terkonfirmasi positif baru ini merupakan orang-orang yang kontak erat dengan pasien Kasus 08 di Welahan, yang baru saja meninggal tadi pagi. Mereka juga sudah masuk dalam daftar tracing yang sudah dilakukan pada pekan lalu,” ujar dr M Fakhrudin, Selasa (2/6/2020) sore.

Dari kasus ini, GTPP Covid-19 sudah melakukan langkah-langkah penanganan. Di antaranya adalah merencanakan penutupan di wilayah pemukiman sekitar rumah pasien positif.

Baca: Satu Lagi Warga Welahan Positif Covid-19, Masih Tetangga dengan Kasus 06 dan 07

Semua masyarakat di sekitar lokasi kejadian akan diminta untuk melakukan aktivitas di rumah masing-masing, atau melakukan swab karantina.

Camat Welahan dan jajaran Muspika, bersama dengan Satgas Kecamatan dan desa masih merumuskan untuk kebutuhan-kebutuhan penutupan wilayah tersebut. Terutama berkaitan dengan masalah kebutuhan logistik dan lainnya yang dibutuhkan.

Baca: Suami Istri Asal Welahan Jepara Positif Covid-19

“Kami juga akan langsung melakukan langkah gerak cepat menyikapi kasus ini. Besok pagi kami akan melakukan rapid test terhadap 200 warga yang ada disekitar pemukiman pasien tersebut. Juga akan melanjutkan tracing untuk mencari kontak erat dengan yang terkonfirmasi positif covid,” tambah dr M Fakhrudin.

Dengan tambahan kasus positif baru ini, maka di Kabupaten Jepara dalam sehari terjadi penambahan delapan kasus positif.

Secara total saat ini sudah ada 24 kasus positif dengan empat orang di antaranya sembuh, dua meninggal, dan sisanya sebanyak 18 orang sampai saat ini masih dalam perawatan dan pengawasan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...