Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cegah Penyebaran Covid-19, 100 Pedagang Pasar Puri Dirapid Test Massal

MURIANEWS, Pati – Seratus pedagang Pasar Puri Pati di-rapid test massal, Selasa (2/6/2020). Langkah tersebut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Bumi Mina Tani.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Edi Siswanto mengatakan, semua pedagang pasar yang ada di Kabupaten Pati akan dilakukan rapid test. Hanya, pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap.

“Untuk hari ini fokusnya para pedagang Pasar Puri. Ada 100 pedagang yang kami rapid test secara acak,” katanya.

Baca: Hasil Rapid Test di Pasar Puri, Dua Orang Dinyatakan Reaktif

Ia menilai Pasar Puri merupakan pasar induk yang ramai didatangi pembeli. Sehingga, kewaspadaan tetap harus dilakukan, salah satunya dilakukan rapid test.

Rapid test ini adalah untuk mengetahui apakah mereka reaktif atau tidak. Tapi hasilnya ini belum kita kerahui, karena masih berlangsung,” imbuhnya.

Usai dari Pasar Puri, pihaknya juga akan melakukan rapid test di Pasar Tayu, Juwana, Rogowongso dan Pasar Trangkil. Ini pun, lanjutnya, sesuai dengan petunjuk Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin). Sebab, pihaknya yang paling mengetahui kondisi pasar.

Baca: Pemerintah RI Putuskan Tak Berangkatkan Jemaah Haji Tahun Ini

Sementara Kepala Disdagperin Pati Riyoso mengatakan, lima pasar yang dipilih itu lantaran pedagangnya cukup banyak. Selain itu, interaksi masyarakat dari luar dengan masyarakat lokal juga cukup banyak.

“Karena itu, protokol kesehatan juga kami terapkan di pasar-pasar, termasuk pedagang juga nanti dilakukan rapid test,” terangnya.

Dia menambahkan, di Kabupaten Pati ini ada sekitar 10 ribu pedagang yang berjualan di pasar. Namun, tidak semua pedagang akan dilakukan rapid test. Melainkan akan dilakukan secara acak.

“Tergantung kuota dari Gugus Tugas Covid-19. Seperti di Puri ini kan 100 pedagang yang di-rapid test. Nanti di Rogowongso ada berapa, kami manut,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...