Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Makam Sunan Muria dan Taman Sardi Kudus Akan Uji Coba New Normal Mulai 8 Juni

0 300

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menyiapkan dua tempat wisata untuk uji coba pembukaan guna menghadapi tatanan kehidupan baru atau new normal di tengah pandemi.

Dua tempat wisata yang disiapkan yakni Makam Sunan Muria dan Taman Sardi di Kajar, Dawe.

Simulasi atau uji coba pembukaan akan dilakukan selama sepekan mulai 8 Juni 2020. Simulasi itu akan dilakukan secara terbatas dan mengikuti protokol kesehatan dengan ketat.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Mutrikah menyatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi mengenai hal ini, Senin (1/6/2020).

Menurut dia, percobaan pembukaan tempat wisata tersebut hanya bersifat sementara, dan akan dilakukan selama satu pekan.

”Mulai tanggal 8 Juni 2020 hingga 14 Juni 2020 akan dilakukan percobaan pembukaan di dua lokasi tersebut. Jadi sekarang ya masih tutup,” katanya, Senin (1/6/2020).

Para pedagang, menurut dia, diperbolehkan untuk membuka lapaknya, sedangkan untuk penginapan sementara tidak boleh beroprasi. Untuk pengunjung, selama percobaan diharapkan hanya dari warga Kudus saja dan menggunakan kendaraan pribadi.

“Nantinya tempat parkir akan dijadikan satu di Terminal Colo. Saat percobaan sementara parkiran umum tidak boleh beroperasi,” ujarnya.

Baca: Petugas Gabungan Akan Jaga Ketat Uji Coba Pembukaan Dua Tempat Wisata di Kudus

Meski demikian, pihaknya akan tetap melakukan evaluasi setelah percobaan selama satu pekan tersebut.

Evaluasi akan menghasilkan keputusan untuk tetap dibuka atau ditutup lagi.

“Kami lihat selama percobaan pembukaan tersebut, jika berjalan lancar dan tidak ada yang terpapar Covid-19, kami baru bisa membuka tempat wisata tersebut secara resmi. Secara bertahap juga akan dilakukan di tempat wisata lain yang ada di Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.