Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Ada Tradisi Kupatan Syawal di Rembang Tahun Ini Gara-Gara Corona

MURIANEWS, Rembang – Tradisi kupatan atau Syawalan selalu digelar warga di Desa Tasikagung Kecamatan Kota, Rembang, sepekan setelah Idul Fitri, tiap tahunnya. Namun pada tahun ini, tradisi ini tak bisa digelar, lantaran tengah mewabahnya virus corona.

Jika tradisi ini tetap digelar, dikhawatirkan kerumunan ribuan orang yang selalu memadati kegiatan ini akan jadi sumber penyebaran Covid-19.

Pemerintah dan pihak kepolisian memastikan tidak akan mengeluarkan izin untuk penyelenggaraan acara tersebut. Bahkan Bupati Rembang Abdul Hafidz menyebut jika semua kegiatan berkonsep hiburan selama pandemi dilarang untuk dilaksanakan.

“Yang wajib saja kita perketat, mosok yang tradisi seperti itu kita biarkan, ya enggak lah,” kata Hafidz dikutip dari nurfmrembang.com.

Tahun-tahun sebelumnya tradisi seperti ini dilaksanakan dengan bentuk festival, selama sepekan penuh. Puncak acaranya dilakukan larung sesaji oleh para nelayan di laut sebagai wujud syukur atas hasil laut selama setahun.

Baca: Pekan Syawalan Ditiadakan, Tempat Wisata di Jepara Diawasi Ketat

Sementara itu, Kapolres Rembang AKBP A Primanto juga memastikan jika tradisi Syawalan di Rembang tahun ini tidak akan digelar, karena berbenturan dengan protokol kesehatan.

Tak hanya Syawalan, pihaknya juga tak menerbitkan izin untuk berbagai kegiatan yang mendantangkan massa.

“Kemarin ada peringatan Hari Kartini, sudah tidak ada. Hanya digelar secara seremoni dengan jumlah orang terbatas. Kemudian tong-tong klek yang biasanya digelar jelang Lebaran, kami tidak terbitkan izinnya. Termasuk Kupatan Syawalan besok ini,” ujarnya.

Pihaknya berharap masyarakat bisa memaklumi hal ini. Ini menurut dia dilakukan, untuk mencegah penyebaran virus corona karena adanya kerumunan orang.

“Bukannnya tidak boleh melainkan menghindari terjadinya kerumunan banyak orang. Untuk panitia pelaksana kegiatan – kegiatan tersebut, kami dari pihak kepolisaan mohon maaf tidak bisa mengizinkan,” pungkasnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: Nur FM Rembang

Comments
Loading...