Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ikuti Imbauan Pemerintah, Desa-Desa di Kudus Tak Gelar Takbir Keliling

0 162

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah desa di Kabupaten Kudus memutuskan tak menggelar takbir keliling, Sabtu (23/5/2020) malam. Hal ini dilakukan lantaran adanya pandemi corona, dan mengikuti imbauan pemerintah.

Dari pantauan MURIANEWS di lapangan, beberapa desa di Kudus tak menggelar takbir keliling ataupun festival kembang api yang biasannya diadakan oleh beberapa desa. Hanya dari perorangan yang masih menyalakan kembang api secara pribadi.

Budi (25), Warga Desa Kutuk, Kecamatan Undaan, Kudus mengatakan, untuk tahun ini tidak ada takbir keliling di desannya. Biasanya malam menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak acara yang diadakan di desanya.

“Biasanya di Desa Kutuk sangat ramai. Tahun sebelumnya ada juga acara seperti festival kembang api yang dilakukan sebelum takbir keliling berjalan. Tak hanya warga Desa Kutuk yang menonton, dari luar desa juga banyak,” katanya.

Menurutnya, sudah ada edaran dari desa terkait larangan kegiatan yang melibatkan massa. Jadi, memang tak ada keramaian di desannya untuk Lebaran tahun ini.

Baca: Tetap Gelar Salat Idul Fitri, Sejumlah Masjid di Kudus Perketat Protokol Kesehatan

Hal senada juga di ungkapkan Rian (20) warga Desa Puyoh, Kecamatan Dawe, Kudus. Ia juga menyatakan, untuk tahun ini takbir keliling di desanya ditiadakan.

Warga lebih memilih melakukan takbiran di rumah atau masjid dan musala.

“Biasanya di Desa Puyoh ramai kalau malam takbir. Tapi untuk tahun ini sepi, hanya takbiran yang ada di masjid. Karena ada larangan dari pemerintah untuk tidak melaksanakan takbir keliling,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.