Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hasil Rapid Test di Tiga Pasar Tradisional Jepara, Sembilan Orang Reaktif

MURIANEWS, Jepara – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 Jepara menemukan sembilan orang yang hasil rapid testnya reaktif.

Kesembilan orang tersebut merupakan bagian dari 200 orang yang pada Minggu (23/5/2020) dilakukan rapid test secara massal. Pelaksanaan Rapid Test dilakukan di Pasar Jepara 1, Pasar Swalayan Saudara, dan Pasar Mayong.

Juru Bicara GTPP Covid 19, dr M Fakhrudin menyatakan, sembilan orang yang hasil Rapidnya reaktif, sudah dilakukan penanganan.

Mereka diminta melakukan isolasi mandiri di bawah pengawasan dari masing-masing tim satgas desa. Rencana penanganan lainnya juga sudah disiapkan untuk mereka.

Baca: GTPP Jepara Gelar Rapid Tes di Tiga Pasar Tradisional, Ini Hasilnya

Dikatakan oleh dr M Fachrudin dari mereka yang hasil rapidnya reaktif sebagian besar merupakan orang-orang yang memiliki riwayat perjalanan. Mereka kebanyakan merupakan orang yang baru datang dari daerah transmisi covid 19.

“Sembilan orang hasil rapid testnya ternyata reaktif. Hampir semuanya adalah mereka yang baru saja datang dari daerah transmisi. Namun mereka tidak disiplin dalam melakukan swa karantina. Perkembangan ini harus jadi perhatian serius,” ujar dr M Fakhrudin, Sabtu (23/5/2020).

Sampai berita ini diunggah, dr M Fakhrudin masih belum menyebutkan berasal dari mana sembilan orang tersebut. GTPP Covid 19 Jepara masih akan merumuskan langkah-langkah penanganan lebih jauh.

Satu hal yang pasti mereka akan dilakukan pemeriksaan swab secepatnya.

Sebanyak 200 pax alat rapid test digunakan Tim GTPP Covid 19 Jepara untuk mengecek kondisi masyarakat yang berada di sejumlah pasar. Pemeriksaan ini melibatkan 20 orang tenaga kesehatan dan 12 petugas Satpol PP.

Selain pemeriksaan rapid, juga dilakukan sosialisasi dan pembagian masker non medis kepada masyarakat.

“Tadi juga ada kegiatan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat.Juga pembagian masker non medis. Untuk pemeriksaan swab akan dilakukan minggu depan di RSUD Kartini Jepara,” tambah dr M Fakhrudin.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...