Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tetap Gelar Salat Idul Fitri, Sejumlah Masjid di Kudus Perketat Protokol Kesehatan

0 454

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah masjid di Kudus dipastikan tetap menggelar salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H secara berjemaah, Minggu (24/5/2020) besok. Para pengurus masjid pun siap perketat protokol kesehatan.

Salah satu yang menggelar yakni Masjid Al Firdaus di Desa Gribig, Kecamatan Gebog, Kudus. Ia mengatakan, salat tidak digelar di masjid, tapi di lapangan desa setempat.

“Untuk protokol kesehatan akan kami perketat saat pelaksanaan salat Ied besok di Lapangan Gribig. Memang biasannya di lapangan, dan saya kira lebih terkondisi di lapangan karena lokasinnya luas,” katanya, saat ditemui MURIANEWS, Sabtu (23/5/2020).

Ia menyatakan, para jemaah wajib memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak minimal satu meter.

“Jika ada yang sakit kami imbau untuk salat di rumah. Sudah kami buatkan banner besar berisi ketentuan protokol kesehatan yang harus dipenuhi para jemaah saat mengikuti salat Ied,” terangnya.

Sementara itu, pihaknya juga menyiapkan sejumlah 600 masker gratis untuk mengantisipasi jika ada jemaah yang tidak memakai masker.

“Kalau warga sini sendiri sudah tertib akan penggunaan masker. Hanya untuk antisipasi jika ada dari luar desa yang tidak memakai masker karena biasannya jemaah salat Ied tidak hanya dari desa sini saja, ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan tenaga medis untuk antisipasi jika ada hal yang tak diinginkan terjadi.

“Selama ini tidak ada yang sakit atau pingsan. Namun, karena pandemi kami antisipasi saja terlebih dahulu,” terangnya.

Menurutnya, kemungkinan pelaksanaan salat besok akan sedikit molor dari biasannya karena harus mengatur jarak saf, antri cuci tangan, dan pemberian masker bagi yang tidak memakai.

“Kami siapkan tiga pintu dan delapan tempat cuci tangan, agar tak begitu sesak saat mengantre. Sudah ada panitia juga yang bertugas mengatur saf saat salat,” imbuhnya.

Tempat lain yang menggelar Salat Idul Fitri berjemaah yakni Masjid Jami’ Sawahan, di Desa Purwosari, Kecamatan Kota, Kudus. Zaidi, Ketua Takmir Masjid Sawahan menyatakan, telah menyiapkan protokol kesehatan yang harus ditaati jemaah.

“Beberapa tempat cuci tangan sudah kami siapkan. Untuk jemaah juga kami imbau untuk tetap mengenakan masker,” jelasnya.

Namun terkait untuk jarak saf saat salat, pihaknya yakin warga akan sadar dengan sendirinya, memberi jarak pada waktu salat.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.