Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengunjung Mal di Kudus Dirapid Test Pakai Serum, Hasil Diklaim Lebih Akurat

0 743

MURIANEWS, Kudus – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Kudus melakukan rapid test massal di sejumlah mal atau pusat perbelanjaan di Kudus, Jumat (22/5/2020) siang.

Sasarannya, adalah pengunjung dan karyawan di Hypermart Kudus Ext Mall, ADA Swalyan Kudus, dan Ramayana Departemen Store Kudus. Rapid test dilakukan secara acak.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, di tiap titik, pihaknya menyediakan setidaknya 50 alat rapid test. Sehingga tiga tempat totalnya 150 buah.

Jenis rapid yang dipakai kali ini, kata dia, berbeda dari rapid test sebelumnya yang menggunakan rapid test stik. Kali ini, puhaknya menggunakan uji rapid test serum.

“Jadi mengambil sampel darah dari vena, bukan dari kapiler,” kata dia.

Setelah diambil sampel darah dari vena, serum tadi lantas diuji di Labkesda ataupun puskesmas yang memiliki alat ujinya.

Andini mengatakan, jenis rapid test kali ini dinilai lebih akurat hasilnya dibanding rapid test stik yang dipakai sebelumnya.

“Sensitivitasnya lebih tinggi, saat ini tim tengah berproses untuk uji hasilnya,” jelas dia.

Diketahui, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) sebelumnya juga melakukan rapid test massal di dua lokasi di Kabupaten Kudus, yakni Pasar Kliwon dan Masjid Menara Kudus, Jumat (8/5/2020) siang.

Dari ratusan sampel yang diambil, enam orang yang berada di Pasar Kliwon diketahui memiliki hasil yang reaktif.

Sementara untuk hasil rapid di Masjid Menara Kudus, satu orang dinyatakan reaktif.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.