Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Kirim Bantuan untuk 33 Warga Kudus Korban PHK di Jakarta

0 150

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 33 warga Kudus yang masih tinggal di Jakarta mendapat kiriman bantuan sosial dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus. Mereka merupakan para pekerja yang kena PHK dan tak bisa kembali ke kampung halaman.

Pengiriman bantuan dilakukan Kamis (21/5/2020). Hal ini dikatakan Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kudus Sutrimo.

Ia mengungkapkan, 33 warga tersebut tergabung dalam  Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK). Mereka sebelumnya akan dipulangkan ke Kudus, karena sudah ter- PHK dan tidak bekerja lagi.

“Karena pandemi corona, mereka kini tidak bekerja dan tidak memiliki penghasilan lagi,”  katanya Kamis (21/5/2020) malam.

Akan tetapi, kepulangan mereka tertunda karena diterapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Akhirnya pemkab memutuskan untuk mengirimkan bantuan sosial.

“Bantuannya berupa uang senilai Rp 400 ribu per orang serta paket sembako,” ujarnya.

Adapun isi paket sembako, lanjut Sutrimo, yakni berupa 10 kg beras, susu dan kopi, biskuit, minuman sereal dan 20 bungkus mie instan.

“Bantuan yang diberikan senilai Rp 600 ribu, disamakan dengan nominal Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD),” ucapnya.

Menurut Sutrimo, biaya hidup di Jakarta tidaklah murah. Jadi, nominal bantuan dari APBD Kudus ini nominalnya disamakan dengan BST dan BLT-DD.

Bantuan tersebut rencanannya akan diberikan selama tiga bulan yakni Mei hingga Juli 2020.

“Selain itu, beberapa waktu lalu mereka juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” terangnya.

Harapannya dengan adanya bantuan ini bisa sedikit membantu kelangsungan hidup mereka di Jakarta.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.