Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ulama dan Umara Pati Imbau Warga Muslim Salat Ied di Rumah

MURIANEWS, Pati – Para ulama dan umara (pemimpin) di Kabupaten Pati mengimbau agar masyarakat menjalankan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, untuk pelaksanaan salat idul fitri, bisa dilaksanakan di rumah bersama keluarga masing-masing. Akan tetapi apabila pihak takmir masjid tetap melaksanakan salat Ied berjemaah, disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Harus diperhatikan protokol kesehatan ini. Akan lebih baik apabila kita salat Ied di rumah masing-masing,” katanya.

Kemudian untuk perayaan hari raya Idul fitri, diimbau agar masyarakat tidak membuat acara yang bergerombol atau mendatangkan banyak orang. Dihawatirkan, nantinya ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Melihat perkembangan situasi penanganan Covid-19, Bupati mengatakan tidak ada yang tahu sampai kapan wabah ini akan berlanjut. Masing- masing daerah punya persoalan yang berbeda.

“Banyak masyarakat yang menganggap Covid adalah biasa saja. Jadi hanya orang-orang tertentu yang memahami, padahal pemahaman dan sosialisasi tiada henti kita lakukan,” ujarnya.

Bupati juga mengimbau muspika dan kepala desa atau lurah di wilayahnya untuk segera berkoordinasi agar memastikan tidak ada penyelenggaraan takbir keliling pada perayaan Idul Fitri 1441 H.

“Jika ditemukan takbir keliling segera diambil tindakan tegas untuk diamankan,” tegasnya.

Sementara Ketua PCNU Pati KH Yusuf Hasyim mengatakan, pihaknya telah membuat edaran terkait pelaksanaan salat Ied pada 18 Mei 2020 lalu. Pada surat edaran tersebut berisi tentang imbauan untuk umat Islam agar tetap menaati anjuran pemerintah terkait pencegahan penularan virus corona.

“Secara khusus, edaran kami juga telah jelas bahwa bagi masjid-masjid yang menyelenggarakan salat id, kami mohon dengan sangat agar prosedur protokol kesehatan wajib dilaksanakan. Meski keadaan sudah mulai membaik, kita belum tahu apakah ada gelombang pandemi berikutnya,” jelasnya.

Salat ied, kata Hasyim, juga bisa dilakukan di rumah masing-masing. Bahkan, pihaknya telah menyampaikan tata cara pelaksanaan salat id di rumah, baik secara sendiri maupun berjamaah.

“Untuk masjid yang tetap menyelenggarakan salat Idulfitri, kami sudah menyiapkan khotbah singkat tujuh menit untuk dibaca para khatib,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...