Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Masjid Agung Kudus Pastikan Tak Gelar Salat Idul Fitri Berjemaah

MURIANEWS, Kudus – Masjid Agung Kudus memutuskan untuk tidak akan menggelar salat Idul Fitri berjemaah tahun ini. Hal ini sesuai dengan hasil keputusan rapat pengurus harian Masjid Agung Kudus, Kamis (21/5/2020).

Keputusan tersebut juga berdasarkan surat edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah Nomor 04/DP-P.XIII/T/V/2020, surat Gubernur Jawa Tengah Nomor 451/0008315, dan juga Surat Edaran Bupati Kudus Nomor 451/2775/04.00/2020 tentang pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 H/2020 M.

Ketua Pengurus Masjid Agung Kudus Noor Badi menjelaskan, Masjid Agung Kudus adalah masjid dengan jemaah dari berbagai daerah. Apalagi saat Idul Fitri biasannya banyak orang dari berbagai kota dan berbagai kalangan yang menjadi jemaah di masjid ini.

Dari sinilah pihak masjid memutuskan untuk tak menggelar salat Idul Fitri, untuk mencegah penularan virus corona.

“Biasannya waktu Salat Ied kan jemaahnya lebih banyak dari biasannya. Memang di Kudus sendiri masih boleh (menggelar salat id berjemaah) dengan menekankan protokol kesehatan. Namun, takutnya nanti jika jemaah membeludak dan tidak terkontrol,” katanya.

Baca: MUI Jateng Serukan Salat Idul Fitri di Rumah, Ini Tata Caranya

Dengan diambilnya keputusan tersebut, pihaknya meminta maaf kepada jemaah dan masyarakat Kudus. Ia berharap dengan keputusan ini bisa membantu pemerintah dalam memutus rantai persebaran Covid-19 khususnya di Kudus.

“Kami meminta maaf kepada masyarakat Kudus atas ditiadakannya Salat Idul Fitri di Masjid Agung Kudus,” ucapnya.

Meski demikian, untuk takbiran, pihaknya akan tetap mengumandangkan takbir seperti tahun sebelumnya. Tapi, dengan pelaksanaan yang dilakukan secara tèrbatas.

“Untuk takbiran hanya beberapa orang saja yang mengumandangkannya. Serta tetap dengan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...