Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

28 Mahasiswa Asal Somalia dan Thailand di UIN Semarang Tertahan Wabah, Ganjar Kirim Bantuan

0 197

MURIANEWS, Semarang – Sebanyak 28 mahasiswa asing asal Somalia dan Thailand yang kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Kini mereka tertahan tak bisa pulang lantaran mewabahnya virus corona.

Padahal aktivitas kampus sudah diliburkan, dan tak ada aktivitas apapun. Mereka harus bertahan di wisma mahasiswa UIN Walisongo.

Mengetahui kondisi ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa (19/5/2020) langsung datang mengunjungi mahasiswa asing ini.

Ganjar ingin memastikan kondisi mereka baik-baik saja. Oleh karenanya, Ganjar juga datang degan membawa bantuan berupa paket sembako.

Fattah, mahasiswa asal Somalia pun  mengucapkan syukur dan terimakasih dengan bahasa Jawa. Meski baru di Semarang, Fattah mengaku sudah cukup bisa berbahasa Indonesia dan bahasa Jawa.

Maturnuwun (terima kasih)bapak bantuannya,” ucapnya sambil terbata.

Sementara salah satu mahasiswa asal Thailand, Wal’asri mengatakan, ia dan mahasiswa lain tak bisa pulang lantaran wabah corona. Padahal kiriman uang dari keluarganya sudah mulai tersendat.

“Bapak ibu saya petani, biasanya kirim uang Rp 1 juta perbulan. Sekarang karena kondisi ini, sudah kesulitan,” kata mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang ini.

Wal’asri mengaku bersyukur dikunjungi Ganjar dan diberi bantuan. Ia merasa diperhatikan layaknya warga negara sendiri.

Sementara itu Ganjar Pranowo berpesan agar para mahasiwa asing itu tetap tinggal di asrama. Ganjar juga meminta mahasiswa untuk rajin berkabar dengan orang tua dan keluarga di negaranya masing-masing. Kabar baik harus diberikan agar semua tenang.

“Saya hanya ingin memastikan semua sehat dan baik-baik saja. Kami dari pemerintah ingin berusaha membantu para mahasiswa dari suku apapun, bangsa dan negara apapun kami upayakan untuk kami tolong agar mereka bisa belajar dengan baik di sini,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.