Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PDP Asal Bawu Batealit Meninggal Dunia, 21 Orang Akan Dirapid Test

MURIANEWS, Jepara – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Desa Bawu, Kecamatan Batealit, Jepara meninggal dunia.

Sebelum meninggal, pasien berusia 50 tahun ini sempat dirawat di RS Mardi Rahayu, Kudus, sejak Jumat (15/5/2020). Karena statusnya PDP, pemakaman terhadap pasien ini dilakukan dengan prosedur Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 Jepara dr M Fakhrudin menyatakan, proses pemulasaraan jenazah sebelumnya sudah dilakukan pihak rumah sakit. Prosesnya dilakukan dengan menggunakan standar penanganan Covid-19 juga.

Pihak keluarga sebelumnya sempat keberatan dengan penerapan protokol Covid-19 yang dilakukan GTPP Covid-19 Jepara. Namun, setelah diberikan penjelasan dan pemahaman akhirnya pihak keluarga mau menerima.

“Pemakaman dilakukan oleh tim dari Gugus Tugas dan dilakukan dengan standar penuh penanganan Covid-19. Semua berjalan dengan lancar dan selanjutnya kami juga melakukan penanganan lebih lanjut,” ujar dr M Fakhrudin, Senin (18/5/2020)

Selanjutnya dari penanganan awal, sudah ada 20 orang yang masuk dalam daftar tracing dari kasus meninggalnya PDP asal Desa Bawu ini.

Mereka merupakan orang-orang yang merupakan kontak erat dari PDP. Sebagian merupakan keluarga dari PDP, dan yang lain adalah tetangga dan handau tualan dari PDP.

Rencanannya 20 orang ini akan langsung di-rapid test pada Selasa (19/5/2020) besok. Dengan demikian akan dapat lebih cepat dilakukan penanganan lebih lanjut dalam kasus ini. Pengambilan rapid test diharapkan bisa dilakukan dalam sehari besok.

“Dua puluh orang yang sudah masuk dalam daftar tracing akan langsung di-rapid. Sehingga diharapkan bisa segera diketahui apa yang harus segera dilakukan. PDP yang meninggal dalam hal ini juga sudah di-swab, namun belum diketahui hasilnya,” tambah dr M Fakhrudin.

Di luar itu pihaknya juga memastikan sudah melakukan penanganan terhadap warga Jepara yang tempo hari mengikuti kegiatan di Gowa. Mereka yang terdiri dari tiga orang sudah di-swab di RSUD Kartini Jepara, Senin (18/5/2020).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...