Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pengelola Pusat Perbelanjaan di Kudus Kewalahan Atur Pengunjung Bandel Langgar Protokol Kesehatan

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah pusat perbelanjaan di Kabupaten Kudus sebelumnya dipenuhi pengunjung. Mereka, seolah tidak memedulikan protokol kesehatan dan ajuran pemerintah untuk menerapkan psychal distancing saat berada di dalam pusat perbelanjaan.

Pihak pusat perbelanjaan mengklaim, sebenarnya telah menerapkan protokol kesehatan. Namun karena banyaknya pengunjung yang ingin masuk, mereka pun sempat dibuat kewalahan.

“Kami tidak menyangka jika Sabtu (16/5/2020) sore kemarin membeludaknya seperti itu,” kata Store Manager ADA Swayalan Kudus Setyowati, Senin (18/5/2020).

Selain itu, pihaknya juga telah berulang kali mengingatkan pengunjung secara langsung terkait psychal distancing. Namun, imbauan tersebut tak diindahkan para pengunjung yang ada.

“Kami sampai teriak-teriak tapi tetap tak ada yang bergerak,” ujarnya.

Begitu pula dengan pengunjung yang memakai masker di pintu masuk, namun melepasnya saat berada di dalam pusat perbelanjaan. “Inilah, butuh kesadaran bersama dalam hal ini,” kata dia.

Bahkan yang lebih parah, tambah dia, masih banyak orang tua yang nekat membawa anaknya berbelanja tanpa masker di tengah pandemi.

Baca: Tak Terapkan Protokol Kesehatan, Izin Usaha Pusat Perbelanjaan di Kudus Bakal Dicabut

Dalam hal ini, pihaknya telah menerapkan kebijakan melarang anak di bawah tiga tahun untuk masuk ke dalam pusat perbelanjaan. “Kami larang masuk, menunggu di luar tidak apa-apa,” tegasnya.

Sementara untuk jam operasional sendiri, pihaknya sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk tutup lebih awal. Yakni pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo bakal menindak tegas para pemilik pusat perbelanjaan yang kedapatan tak menerapkan protokol kesehatan yang salah satunya adalah psychal distancing.

Tak tanggung, tanggung, Hartopo bakal mencabut izin usaha apabila pusat perbelanjaan tak mengindahkan sejumlah protokol kesehatan. “Akan kami cabut izinnya,” ancamnya

Sementara untuk masyarakat, Hartopo mengharapkan semua warganya tertib untuk tetap melakukan psychal distancing apabila memang harus keluar rumah untuk keperluan mendesak. “Selalu mengenakan masker juga, dan jangan lupa mencuci tangan,” tegas Hartopo.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...