Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hasil Screening, Semua Pekerja Jepara asal Timor Leste Diminta Karantina Mandiri

MURIANEWS, Jepara – Hasil screening yang dilakukan kepada para pekerja asal Jepara yang baru saja tiba dari Timor Leste, Jumat (15/5/2020) malam, tidak ada yang harus menjalani karantina di BLK Pecangaan.

Semua pekerja tersebut diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing karena tidak ada gejala Covid-19. Namun mereka tetap harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari ke depan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jepara dr M Fakhrudin menyatakan, 18 orang yang baru tiba dari Timor Leste sudah discreening di Gedung BLK Pecangaan. Mereka semua dalam kondisi yang baik dan diperkenankan untuk tidak perlu menjalani karantina di BLK Pecangaan.

Mereka yang terdiri dari 18 orang tersebut, sebelumnya bahkan sudah menjalani rapid test saat tiba di Bandara Juanda Surabaya. Di Bandara ini mereka dirapid test oleh pihak Bandara Juanda, karena datang dari luar negeri.

Baca: Pulang dari Timur Leste, 18 Repatriasi Asal Jepara Bakal Dikarantina di BLK Pecangaan

“Dari hasil rapid test yang dilakukan di Bandara Juanda tersebut, hasilnya semua negatif. Sehingga setelah kami memastikan kesehatan dan kondisi mereka, kami memutuskan mereka bisa pulang ke rumah masing-masing,” ujar dr Fakhrudin, Sabtu (16/5/2020).

Meski dipersilakan pulang, mereka tetap diminta untuk melakukan swakarantina di rumah dengan penuh disiplin. Mereka diminta menandatangani surat pernyataan bahwa proses swakarantina yang akan dilakukan di rumah akan dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Setelah sempat menjalani screening di BLK Pecangaan, para pekerja yang baru saja datang dari Timor Leste dipersilakan pulang. Mereka dijemput oleh kendaraan dari masing-masing Tim Kecamatan, pulang kerumah masing-masing.

Baca: Tiba di Grobogan, 16 Repatriasi dari Timor Leste Langsung Dicek Kesehatan

“Sementara ini penanganannya seperti itu, jadi kami persilakan mereka melakukan swakarantina di rumah masing-masing. Keputusan ini juga didukung dengan adanya hasil rapid test pihak bandara Juanda yang hasilnya negatif semua,” tambah dr Fakhruddin.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...