Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

RSUD Kartini Ajukan Klaim Biaya Pengobatan Pasien Covid-19 Rp 435 Juta ke Pemerintah

MURIANEWS, Jepara – RSUD Kartini Jepara saat ini mengajukan klaim sebesar Rp 435 juta ke pemerintah. Klaim tersebut merupakan biaya pengobatan dan perawatan pasien Covid-19 di RSUD Kartini hingga Maret 2020.

Pengajuan klaim tersebut mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No 0107/Menkes/238/2020. Dalam keputusan tersebut dijelaskan biaya perawatan bagi pasien Covid-19 akan menjadi tanggungan pemerintah.

Meskipun ada ketentuan-ketentuan yang menyertainya, klaim biaya perawatan ini bisa disampaikan ke Kemenkes.

Direktur RSUD Kartini Jepara, dr Dwi Susilowati, mengatakan biaya pengobatan dan perawatan pasien Covid-19 di Jepara saat ini diklaimkan ke Kementerian Kesehatan dan pemkab setempat.

“Untuk klaim ke Kemenkes itu sebesar Rp 419 terhitung baru sampai Maret. Tapi klaim yang ke Pemda sudah sampai April, sebanyak Rp16 Juta. Secara keseluruahan klaim yang sudah kami sampaikan sebesar Rp 435 juta. Namun semua masih dalam proses,” ujar dr Dwi Susilowati, Jumat (15/5/2020).

Klaim biaya yang bisa disampaikam ke Kemenkes antara lain, adalah pasien positif Covid-19. Kemudian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan orang dalam pantauan (ODP). Namun tidak semua ODP bisa mendapatkan pembiayaan dari pemerintah.

Ketentuannya adalah, ODP yang berusia lebih dari 60 tahun dan ODP di bawah 60 tahun dengan penyakit penyerta yang mendapatkan klaim pembiayaan. Sedangkan ODP di bawah 60 tahun tanpa penyakit penyerta, biaya perawatannya tidak masuk dalam klaim yang bisa disampaikan ke Kemenkes.

“Sedangkan dari Pemkab Jepara, menanggung biaya untuk ODP yang menjalani rawat jalan, dan ODP dari keluarga tidak mampu yang menjalani rawat inap. Sementara, jika ODP dengan penyakit penyerta, maka penyakit penyertanya dapat dibiayai Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS),” jelas dr Dwi Susilowati.

Klaim yang disampaikan RSUD Kartini Jepara akan diverifikoleh beberapa pihak. Di antaranya BPJS, DKK Jepara dan Dinkes Propinsi Jawa Tengah. Setelah melalui tahapan ferivkasi tersebut, baru akan diputuskan oleh Kemenkes.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...