Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Belajar di Rumah Diperpanjang Hingga 30 Juni, PPDB SD Sudah Bisa Dimulai

MURIANEWS, Jepara – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara, memperpanjang masa belajar di rumah sampai 30 Juni 2020. Kebijakan ini diambil untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi penyebaran wabah Covid-19 yang masih terjadi.

Kepala Disdikpora Jepara Agus Tri Harjono menyatakan, kebijakan libur pandemi covid memang disampaikan mengikuti kebijakan Pemkab Jepara dalam menangani penyebaran wabah Covid-19. Namun demikian dalam pelaksanaannya bisa fleksibel, jadi bisa saja berubah dipercepat atau malah diperpanjang lagi.

“Karena kebijakan penanganan Covid-19 yang dilaksanakan Pemkab menyatakan dilakukan perpanjangan waktu sampai 30 Juni, maka kegiatan belajar-mengajar juga kami sesuaikan. Pada dasarnya nanti menyesuaikan,” ujar Agus Tri Harjono, Rabu (13/5/2020).

Kebijakan meliburkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sampai 30 Juni, tetap akan terus dievaluasi sesuai dengan kebutuhan. Jika memang situasi terkait Covid-19 sudah aman dan memungkinkan, maka KBM akan dilaksanakan.

Jika sudah dinyatakan aman, namun calendar didik terjadwal libur, maka KBM juga akan menyesuaikan.

Untuk SD dan SMP, penentuan nilai kenaikan dan kelulusan akan ditentukan dengan menggunakan nilai yang ada pada semester satu sampai lima dan ditambah dengan nilai-nilai ujian daring. Tugas-tugas sekolah yang disampaikan pada masa libur juga akan menjadi dasar penilaian siswa.

“Jadi seperti itu kebijakan yang kami tempuh, sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Selanjutnya kami masih menunggu perkembangan situasi yang ada,” tambah Agus Tri Harjono.

Sementara itu, untuk proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP di Jepara juga sudah diterbitkan petunjuk tehnisnya. Saat ini Disdikpora Jepara tinggal melakukan sosialisasi secara massif ke masyarakat.

Untuk PPDB tingkat SD pelaksanaannya akan dilakukan situasional. Pada saat ini bahkan prosesnyanya sudah bisa dilaksanakan. Untuk SD, sebagian besar akan dilaksanakan secara manual. Sedangkan untuk SMP, akan dilaksanakan dengan memakai sistem online. Penerapan Zonasi, umur dan sebagainya tetap akan digunakan. Pelaksanaan PPDB SMP direncanakan 8-11 Juni 2020.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...