Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ruas Jalan Nasional di Jepara Diperbaiki, Salah Satunya Jalan Kartini

MURIANEWS, Jepara – Meskipun pandemi Covid-19 tengah berlangsung, namun program perbaikan dan perawatan jalan nasional tetap di laksanakan. Di Kabupaten Jepara, perbaikan dan perawatan terhadap Jalan Kartini Jepara mulai dilaksanakan sejak sepekan lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum-Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Jepara Ari Bahtiar menyatakan, perbaikan yang dilakukan di Jalan Kartini Jepara merupakan program dari pemerintah pusat.

Karena jalan Kartini Jepara sudah masuk sebagai Jalan Nasional, maka perawatan dan perbaikannya sudah dipegang langsung oleh Kementrian PU.

“Itu program pemerintah pusat. Setahu saya akan diperbaiki dan dilakukan perawatan. Karena kondisinya memang sudah memerlukan perawatan. Jadi yang melaksanakan program itu adalah pemerintah pusat langsung. Lebih jelasnya silahkan menghubungi pejabat PPKOM proyek-nya saja,” katanya, Selasa (12/5/2020).

Pejabat PPK 3.2 Provinsi Jawa Tengah Ruas Jalan Semarang-Demak-Tengguli-Jepara, Januar Fajar Rinaldhi yang berhasil ditemui MURIANEWS membenarkan hal itu.

Menurut Januar Fajar Rinaldhi, tahun 2020 ini APBN menganggarkan dana sebesar Rp 33 miliar untuk keperluan perbaikan dan perawatan ruas Jalan Nasional mulai dari Sayung-Demak-Tengguli-Jepara.

Untuk ruas jalan yang ada di Jepara ada dua pekerjaan yang dilaksanakan. Pertama perbaikan dan perawatan ruas Jalan Kartini sepanjang 760 meter.

Kegiatannya meliputi penambalan dan pelapisan aspal setebal 4 cm. Proyek ini sudah dimulai sekitar sepekan lalu dan ditargetkan akan selesai pada 21 Mei mendatang.

“Proyek ini dibiayai anggaran APBN melalui kementrian PU bidang Bina Marga. Selain melakukan penambalan lubang, kegiatan tahun ini juga berupa pelapisan aspal baru setebal 4 cm. Program ini dimulai dari Tugu Kartini Jepara sampai jembatan Jalan Ahmad Yani,” ujarnya.

Selain Jalan Kartini, tahun ini perawatan dan perbaikan juga akan dilakukan pemerintah pada ruas jalan nasional di Pecangaan. Proyek perbaikan dan perawatan akan dilakukan sepanjang 2 km. Titiknya dimulai antara pertigaan jalan lingkar sampai ke Rengging.

Proyek di ruas jalan nasional yang ada di wilayah Pecangaan ini akan dikerjakan pada akhir tahun. Selain di wilayah Jepara, program perawatan dan perbaikan jalan nasional, juga akan dilakukan di ruas jalan yang ada di Sayung, Demak.

“Secara keseluruhan program ini selesai pada akhir tahun 2020. Namun untuk Jalan Kartini, kami targetkan selesai pada 21 Mei nanti. Selanjutnya kami akan mengerjakan yang Sayung lalu yang di Pecangaan. Desember harus sudah selesai semua,” tambahnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...