Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

6.004 Penerima BST di Kudus Mulai Cairkan Bantuan Hari Ini

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 6.004 penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Kudus mulai mencairkan bantuannya, Senin (11/5/2020).

Pencairannya dilakukan di 11 titik di sembilan Kantor POS di tiap kecamatan di Kudus. Setiap keluarga penerima akan mendapatkan Rp 600 ribu.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, jumlah penerima BST di Kudus ada sebanyak sembilan ribu lebih kepala keluarga (KK). Untuk tahap pertama pencairan dilakukan untuk 6.004 keluarga, sisanya akan dicairkan pada tahap berikutnya.

“Ini penyaluran tahap pertama, nominalnya sama seperti BLT dari Dana Desa, sebesar Rp 600 ribu,” kata Hartopo usai menyerahkan BST pada perwakilan penerima di Kantor Pos Kota.

Hartpo menyebut jika jumlah penerima BST dimungkinkan bisa bertambah. Karena Kudus sebelumnya dijatah Kemensos sebanyak 10.150 KK yang akan menerima bantuan tersebut.

“tiap desa jika memang nanti mungkin akan ditambah sekitar 24 sampai 25 KK. Itu jika memang dinaikkan jumlah penerimanya,” terangnya.

Sementara agar tepat sasaran, Hartopo menginstruksikan daftar penerima dibuka dan ditempel di masing-masing kantor desa.

Tak hanya daftar penerima BST saja, namun semua jenis bantuan yang diterima masyarakat selama pagebluk Covid-19.

Sehingga  masyarakat bisa turut menilai dan mengevaluasi penerimaan bantuan sosial di desanya. “Masyarakat bisa tahu dan menilai sendiri kondisi tetangganya yang menerima bansos,” tegas Hartopo.

Sementara salah satu penerima BST di Kudus Kirwanti mengaku bersyukur atas bantuan yang diterimanya kali ini. Dia juga mengaku baru pertama kali ini menerima bantuan dari pemerintah.

Uang bantuan tersebut, akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan digunakan untuk membayar keperluan pendidikan anaknya.

“Saya dan suami tidak bekerja, anak saya dapat beasiswa dan mau PKL, ini nanti untuk uang sakunya dia,” tandas Kirwanti.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...