Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cari Ikan, Empat Orang Hilang di Pantai Gua Manik Jepara

MURIANEWS, Jepara – Empat orang warga Dukuh Juwet, Desa Banyumanis, Donorojo, Jepara, dilaporkan hilang di Pantai Gua Manik. Kejadian ini berlangsung pada Sabtu (9/5/2020), saat mereka mencari ikan.

Tim Pencari yang dikoordinir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara melakukan pencarian sampai malam hari.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Jepara, Arwin Noor Isdiyanto, sebelumnya ada lima orang yang mencari ikan dalam kejadian itu.

Seorang dari mereka berhasil diselamatkan warga. setelah muncul gulungan ombak besar yang datang secara tiba-tiba menyapu mereka.

Empat korban yang sampai saat ini belum diketemukan masing-masing Susanto ( 28 ), Sutrisno ( 23 ), Sumantri (35) dan Eko (40). Mereka merupakan warga Dukuh Juwet, Desa Banyumanis, kecuali Eko yang tercatat merupakan warga Kabupaten Brebes.

Eko menetap di alamat yang sama karena menikah dengan warga setempat. Sedangkan satu rekan mereka bernama Andika (22) berhasil diselamatkan warga.

Sementara satu orang lainnya bernama Siswohadi (34) berada di darat menunggu rekan-rekannya yang menebar jaring di tengah perairan.

Siswohadi inilah yang sempat melaporkan ke Koramil setempat hingga akhirnya upaya pertolongan bisa dilakukan warga.

“Seperti yang disampaikan oleh rekan para korban yang tidak ikut memasang jaring, mereka yang berjumlah 6 orang datang ke lokasi sekitar jam 15.00 WIB. Selanjutnya 5 orang ke tengah untuk memasang jaring. Sekitar jam 16.00 WIB ombak besar datang menggulung mereka yang berada di tengah perairan,” ujar Arwin Noor Isdiyanto, Sabtu (9/5/2020) tengah malam.

Satu rekan korban yang berada di darat mengetahui kejadian itu langsung mencari pertolongan. Korban atas nama Andika akhirnya berhasil diselamatkan. Oleh warga Andika kemudian dibawa ke RS Rehatta untuk mendapatkan perawatan.

Kejadia ini kemudian juga dilaporkan ke BPBD Jepara, yang kemudian melakukan koordinasi untuk melakukan upaya pencarian korban.

Dengan menggunakan dua perahu karet, upaya pencarian di lakukan di sepanjang pantai hingga menjelang tengah malam.

“Usaha pencarian masih belum membuahkan hasil hingga saat ini. Tim memutuskan menghentikan sementara pencarian untuk dilanjutkan esok hari,” tambah Arwin Noor Isdiyanto.

Pada saat kejadian para korban berada kurang lebih 100 meter dari bibir pantai. Diketahui juga mereka memasang jaring di kedalaman air sekitar 130 cm. Perairan Pantai Manik, diketahui dalam kondisi berlumpur sampai saat ini.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...