Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemkab Bakal Pulangkan 41 Warga Kudus yang Terlunta-lunta di Jabodetabek karena Pagebluk

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan mengupayakan pemulangan 41 warga Kudus yang kini tengah dalam kesulitan di area Jabodetabek akibat pagebluk corona.

Mereka diketahui kini bertahan di kontrakannya masing-masing dan telah kena pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan mereka bekerja.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, pihaknya kini terus berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di Jabodetabek.

“Informasinya mereka kena PHK, rumah juga mengontrak. Tapi mau pulang Kudus juga tidak bisa,” kata Hartopo, Sabtu (9/5/2020).

Pihaknya pun berencana untuk segera memulangkan 41 warganya tersebut. “Kami akan bantu memulangkan ke Kudus,” terangnya.

Tak hanya itu, ada juga ibu di Kudus yang tengah dalam kondisi kritis dan meminta anaknya yang lagi merantau pulang ke Kudus. Dalam kasus ini pihaknya akan segera memulangkannya.

Untuk sistemnya, pihaknya melalui Dinas Perhubungan akan membuatkan surat kepada warga tersebut agar bisa kembali ke kampung halaman.

“Nanti kami bantu membuatkan surat agar bisa melintas ke Kudus,” jelas Hartopo.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil mengatakan, pihaknya telah membuat surat agar anak tersebut bisa pulang ke Kudus sesuai permintaan orang tuanya.

“Sudah kami buatkan surat, hari ini dia akan pulang ke Kudus,” ucapnya.

Sementara untuk 41 warga Kudus lain yang kesulitan di Jabodetabek, kata Halil, pihaknya belum memperoleh informasi lebih lanjut.

Namun, jika pihaknya diminta untuk memulangkan, maka akan diupayakan untuk dibuatkan surat jalan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...