Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gugus Tugas Covid-19 Kudus Siapkan Rapid Test Secara Acak

MURIANEWS, Kudus – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus tengah merencanakan rapid test secara acak di sejumlah lokasi di Kota Kretek. Pelaksanaannya pun akan dilakuan secara mendadak.

“Tentu mendadak dan acak, segera kami lakukan nanti,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus HM Hartopo, Jumat (8/5/2020).

Hartopo menyebut ada sejumlah lokasi yang akan dijadikan sasaran rapid test acak. Di antaranya sejumlah pasar tradisional, masjid-masjid, hingga lokasi umum yang banyak masyarakat.

Petugas dari Dinas Kesehatan, tambah Hartopo, juga telah disiapkan untuk melakukan rapid test tersebut. “Sudah ada petugasnya, nanti akan kami sebar untuk rapid acak,” jelas Hartopo.

Sementara Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kudus dr Andini Aridewi mengatakan, sampai saat ini masih ada sekitar 2000-an rapid test yang ada di pihaknya kini. “Masih ada sekitaran 2000 rapid,” ucap Andini.

Walau demikian, dari total rapid tersebut, lanjutnya, memang diprioritaskan untuk skrining orang tanpa gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang belum di swab, serta Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Untuk saat ini selain rapid masal, kami prioritaskan ke sana,” jelasnya.

Andini menjelaskan, rapid test merupakan deteksi awal apakah seseorang tersebut terindikasi terpapar virus corona atau tidak.

“Reaktif Rapid bukan sebuah patokan jika yang bersangkutan itu positif,” jelasnya.

Sementara untuk penegakan diagnosa atau hasil yang sebenarnya apakah yang bersangkutan positif atau tidak adalah dengan menggunakan tes swab.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...