Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Refocusing Anggaran Penanganan Covid-19 Mencapai Rp 139 Miliar, Begini Penjelasan Sekda Pati

MURIANEWS, Pati – Selain penggunaan The Safin Hotel atau Hotel Safin sebagai tempat karantina yang jadi perbincangan hangat di masyarakat Pati, refocusing anggaran Rp 139 miliar pun turut diperhatikan. Bahkan di media sosial anggaran untuk penanganan Covid-19 itu sempat viral.

Menanggapi hal itu, Sekda Kabupaten Pati Suharyono memberikan penjelasan. Dia mengatakan, Pemkab Pati sejauh ini telah dua kali melakukan refocusing anggaran.

“Yang pertama sebesar Rp 32 miliar kemudian setelah ada SKB dan PMK No. 35 Tahun 2020, juga sudah kami refocusing kembali sebanyak Rp 17 miliar,” katanya.

Lebih lanjut, anggaran sebesar Rp 139 miliar itu merupakan jumlah minimal penurunan nilai transfer ke daerah dan dana desa (TKDD). Artinya Rp 139 miliar itu tidak di daerah, akan tetapi itu adalah jumlah total yang tidak akan dicairkan oleh pusat.

“Namun kemudian muncul kebijakan dari kementerian keuangan bahwa untuk Pati yang dipotong tidak Rp 139 miliar tetapi Rp 123 miliar, sehingga ada sisa uang Rp 17 miliar yang dimasukkan dalam dana tak terduga,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Pati Ali Badrudin memberikan mengatakan, simpang siur terkait dana Rp 139 miliar ini memang benar-benar mencuat di masyarakat. Sehingga, perlu adanya penjelasan dari eksekutif agar masyarakt bisa lebih jelas.

Dia juga mengaku sudah mendengarkan penjelasan dari Sekda Pati terkait hal itu.

“Terkait anggaran Rp 139 miliar, itu tadi sudah jelas ya, bahwa dana itu masih parkir di pusat. Jadi kalau ada masyarakat yang beranggapan kalau uang itu dimakan si A si B itu tidak ada, prasangka buruk itu jelas salah karena uang itu masih ada di pusat,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...