Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hendak Keluar Kota, Warga Jepara Wajib Kantongi Surat Jalan dari Ketua GTPP, Ini Syaratnya

MURIANEWS, Jepara – Untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19, masyarakat di Kabupaten Jepara yang mempunyai kepentingan untuk melakukan perjalanan ke luar daerah wajib membawa surat jalan.

Hal ini berlaku untuk tujuan ke kota atau daerah yang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PKM).

Pemerintah Kabupaten Jepara menerapkan kebijakan ini untuk mengontrol mobilitas orang.

Dasarnya adalah Surat Edaran (SE) Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi, Nomor : 44-/1796 tentang Surat Jalan Bagi Warga Pelaku Perjalanan, tanggal 29 April 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jepara dr Fachruddin mengatakan, hingga saat ini sudah ada lebih dari 20 orang yang mengajukan melakukan perjalanan ke luar kota.

Dijelakan, surat jalan bagi warga masyarakat ini, bisa dimintakan kepada Ketua GTPP Covid-19 Jepara melalui sekretariat Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Jalan Mangunsarkoro Nomor 41 Panggang, Jepara.

“Sebagai syarat wajib pengajuan surat jalan ini, harus membawa surat keterangan sehat dari dokter. Selain itu juga harus melampirkan foto kopi identitas diri, surat pengantar dari wilayah setempat,” kata dr. Fachruddin, Kamis (7/5/2020).

“Selain itu, juga wajib membawa fotokopi Kartu Keluarga bagi pelaku perjalanan yang akan menyertakan keluarganya. Setelah mendapat persetujuan dari Gugus Tugas Covid-19, bisa dibawa untuk melakukan perjalanan ke luar daerah,” imbuh dr. Fachruddin.

Mereka yang diperkenankan untuk menjadi pelaku perjalanan terdiri dari berbagai kalanhan. Pertama adalah Warga Negara Asing yang hendak pulang ke negara asalnya. Untuk kategori ini hanya boleh disertai satu orang pengantar.

Kemudian warga yang menjalani perjalanan dinas, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) atau non ASN. Dan terakhir adalah warga yang berkepentingan berobat ke luar kota.

“Selain itu tidak bisa. Mereka yang bekerja di luar kota masuknya perjalanan dinas. Silahkan minta surat keterangan dari perusahaan yang dilampirkan saat minta surat jalan,” tambah dr Fachruddin.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...