Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemudik ke Kudus Diprediksi Kembali Meningkat saat Dekati Lebaran

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pemudik yang masuk ke Kudus, sudah berkurang drastis sejak dua pekan lalu, seiring adanya larangan mudik dari pemerintah pusat. Namun diprediksi, jumlah pemudik ke Kota Kretek akan kembali meningkat mendekati Lebaran.

Meski demikian menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus Abdul Halil, peningkatannya tak akan sebanyak Lebaran tahun lalu.

”Kami prediksi tetap ada peningkatan. Namun, tak begitu banyak, karena ada larangan mudik,” katanya saat ditemui di kantornya, Rabu (6/5/2020).

Menurut catatanya, sejak akhir Maret hingga hari ini sudah ada 1.189 pemudik yang masuk ke Kudus.

Ia menyatakan, sempat ada 21 pemudik dari Bali asal Kecamatan Undaan yang datang menggunakan travel. Para pemudik ini kemudian melapor, dan diarahkan ke tempat karantina.

“Akhirnya 12 orang di antaranya kami kirim ke Graha Muria Colo. Sementara lainnya, ada yang menjalani isolasi di tempat yang disediakan desa, ada juga yang karantina mandiri tapi tetap dalam pengawasan,” jelasnya.

Untuk mengatasi pemudik pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan bersama jajaran kepolisian di check point Terminal Induk Kudus.

Sementara itu, Kepala UPTD Objek Wisata Colo Wagiman Sutrisno membenarkan ada 12 orang dari Kecamatan Undaan yang dikarantina di Graha Muria Colo. Mereka mulai menjalani karantina sejak Selasa (5/5/2020) kemarin.

“Karena kuotannya sudah penuh ya tidak bisa menampung semuannya. Ditambah besok ada satu orang Kecamatan Dawe dari Bali yang akan menempati Graha Muria. Untuk totalnya sementara ada 28 orang yang menempati Graha Muria,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...