Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemkab Jepara Siapkan Tiga Lokasi Karantina untuk PDP dan ODP

MURIANEWS, Jepara – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Jepara meyiapkan tiga lokasi berbeda untuk karantina. Tiga lokasi ini diharapkan bisa berfungsi untuk menekan laju penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Juru Bicara GTPP Covid 19 Jepara dr Fachruddin menyatakan penyediaan tempat karantina ini dirasakan perlu. Hal ini karena masih belum semua masyarakat memiliki kesadaran untuk bisa melakukan social distancing atau melakukan isolasi mandiri.

Khususnya mereka yang sudah menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau Orang Dalam Pantauam (ODP), keharusan menjalani isolasi mandiri terkandang terabaikan.

Dalam beberapa kasus, kadang-kadang seseorang yang dalam status PDP yang dirawat di RS, diputuskan menjalani isolasi mandiri di rumah, karena kondisinya membaik.

Baca: Satu Lagi Warga Jepara Positif Covid-19, Warga Banjaran dan Masih Isolasi Mandiri

Namun dalam perkembangannya, dari hasil swab, ternyata positif. Karena proses isolasi mandiri yang dilakukan di rumah tidak maksimal akhirnya menimbulkan masalah lagi.

”Jadi seorang PDP yang dirawat di RS dan menunjukan perbaikan kondisi, memang harus dipindah ke tempat karantina khusus. Sehingga secara jasmani dan psikis bisa semakin membaik. Kalau terus di ruang isolasi RS, bisa jadi psikisnya terpengaruh. Karena itu kami mulai membuat tempat karantina untuk kebutuhan itu,” ujar dr Fachruddin, Rabu (6/5/2020).

Fachrudin menyebutkan, tiga tempat yang akan digunakan untuk Karantina Covid-19 adalah Fasilitas di Puskesmas Nalumsari 2, Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Pecangaan, dan Hotel D’season, Bandengan, Jepara.

Baca: Hasil Tracing Pasien Covid-19 Asal Banjaran Jepara, Sepuluh Orang Langsung Diswab

Tiga lokasi ini menurut dr Fachruddin memiliki fungsi yang sama namun berbeda dalam penempatan orangnya. Fasilitas Rawat Inap di Puskesmas Nalumsari 2 sendiri sebenarnya masih berupa bangunan, dan belum difungsikan.

Namun karena kepentingan ini, akhirnya fasilitas tersebut dilengkapi dan siap digunakan untuk keperluan karantina. Di lokasi ini nantinya akan digunakan untuk para PDP yang kondisinya sudah membaik, namun masih menunggu hasil swab-nya.

Sedangkan untuk BLK Pecangaan, akan digunakan untuk para ODP, terutama para pelaku perjalanan. Jika memang dari hasil obeservasi perlu dikarantina, maka mereka akan dikarantina di BLK Pecangaan.

Baca: Pengadaan APD Covid-19 di Jepara Baru 25 Persen, Alasannya Sulit Mendapatkan Barang

Untuk fasilitas ini sudah siap, karena sebelumnya sempat akan digunakan untuk memeriksa sejumlah warga Jepara yang datang dari Bali.

“Sedangkan untuk yang di Hotel D’season, akan dikhususkan untuk melakukan karantina terhadap para medis yang terpapar dalam menjalankan tugasnya. Untuk hotel ini, sampai saat ini belum ada yang dikarantina,” jelas dr Fachruddin.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...