Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Satu Lagi Warga Jepara Positif Covid-19, Warga Banjaran dan Masih Isolasi Mandiri

MURIANEWS, Jepara – Kasus positif Covid-19 di Jepara bertambah lagi. Kasus positif Covid-19 dengan kode 05 ini berasal dari Desa Banjaran, Bangsri, Jepara.

Kepastian ini menyusul adanya hasil swab yang diterima Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, Selasa (5/5/2020) sore.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jepara dr Fachruddin mengatakan, kasus ini merupakan kasus baru.

Artinya kasus ini tidak berhubungan dengan kasus-kasus sebelumnya. Pasien sebelumnya merupakan pelaku perjalanan yang baru pulang dari wilayah zona merah.

Dikatakan oleh dr Fachruddin, sebelumnya pasien ini sempat menjalani perawatan di RSUD Kartini Jepara dalam status PDP. Di sana yang bersangkutan menjalani rawat isolasi dalam rentang waktu 25 sampai 30 April 2020.

Karena kondisinya membaik PDP tersebut kemudian dipersilahkan pulang untuk melakukan isolasi mandiri.

“Sebelum itu sample swab memang sudah diambil dan dikirimkan ke laboratorium untuk dicek. Baru pada Selasa (5/5/2020-red) sore tadi hasilnya disampaikan ke kami. Positif ternyata. Sehingga kami malam ini langsung melakukan tindakan penanganan,” ujar dr Fachruddin, Selasa (5/5/2020) malam.

Dikatakan juga, sejak menjalani isolasi mandiri mulai 30 April lalu, PDP tetap diawasi oleh Tim GTPP Covid-19 di Kecamatan dan desa. Pengawasan dilakukan secara ketat dan penuh kedisiplinan.

Penanganan yang dilakukan sejak dinyatakan positif langsung dilakukan. Tim Penanganan dari Puskesmas Bangsri langsung melakukan assesment terhadap PDP yang bersangkutan.

Proses tracing juga langsung dimulai dan akan berlanjut sampai besok. Hanya, sampai saat ini yang bersangkutan masih isolasi di rumah.

“Kontak erat dari pasien sudah kami tracing dan langsung kami minta melakukan isolasi mandiri. Selanjutnya kami juga masih akan terus melakukan penanganan yang memang harus dilakukan,” tegas dr Fachruddin.

Dengan adanya kasus ini, maka secara keseluruhan sudah ada lima kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jepara. Dari seluruh kasus sebanyak tiga orang dalam status perawatan.

Masing-masing dari Nalumsari satu orang, Mayong satu orang, dan satu orang dari Banjaran, Bangsri. Kemudian satu orang sembuh (Krapyak, Tahunan) dan satu orang meninggal (Kelet, Keling).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...