Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Catat! Penerima PKH Maupun BPNT Tidak Mendapatkan BST

MURIANEWS, Pati – Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 600 ribu dari Kementerian Sosial tak serta merta diberikan ke semua warga yang terkena dampak Covid-19.

Bagi mereka penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dipastikan tak menerima bantuan tersebut.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati Subawi mengatakan, masyarakat yang sudah mendapatkan PKH maupun BPNT, tidak akan mendapatkan BST. Dalam artian, BST ini adalah bantuan khusus untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 selama tiga bulan.

“Untuk bantuan PKH reguler, total penerimanya ada sebanyak 53.533 Kepala Keluarga (KK). Bantuan ini rutin diberikan setiap tiga bulan sekali,” katanya, Selasa (5/5/2020).

Sementara untuk total penerima BPNT atau Bantuan Sosial Pangan (BSP) ada sebanyak 93.060 KK. Kemudian ada perluasan lagi sebanyak 67.918 KK.

“Untuk BSP reguler ini bantuan biasa diberikan setiap bulan sekali dengan berupa sembako seperti beras, telur, daging dan lain sebagainya dengan jumlah anggaran Rp 200 ribu per KK,” terangnya.

Sementara untuk BST yang dari Kementerian Sosial dengan nominal Rp 600 ribu per KK, oleh pusat hanya 4.345 KK untuk tahap pertama. Kemudian pada Senin (4/5/2020) kemarin, ada perubahan dari Pemprov terkait kuota BST untuk Kabupaten Pati.

Perubahan itu adalah pada kuota BST tahap dua yang semula 29.641 KK, setelah dilakukan pengunggahan data, ternyata hanya 19.202 KK yang bisa masuk. Kemudian untuk sisanya akan diikutkan dalam pembagian BST pada tahap tiga.

“Perolehan data penerima BST ini memang tidak melibatkan Dinas Sosial, tetapi diambil dari pelanggan PLN yang 450 KWh. Data itu sudah kami kirimkan ke desa-desa,” terangnya.

Selanjutnya, bagi masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan reguler seperti PKH dan BNPT atau BSP, tidak akan mendapatkan BST. karena itu, pihaknya pun sudah melakukan validasi data terkait nama-nama yang nantinya akan mendapatkan BST tersebut.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...