Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Swab Negatif, Sebelas OTG di Pati Diizinkan Pulang

MURIANEWS, Pati – Sebelas Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sebelumnya menjalani karantina di Hotel Safin, hari ini (4/5/2020) diperkenankan pulang. Hal itu lantaran hasil swab sudah keluar dan dinyatakan negtif Covid-19.

Kesebelah OTG ini diketahui dikarantina beberapa hari lalu. Mereka berasal dari berbagai daetah di Pati. Selain itu mereka bukanlah bagian dari karyawan RSUD Kayen yang dinyatakan reaktif.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPP) Pati Haryanto mengatakan, sebelumnya mereka menjalani rapid test dengan hasil reaktif. Namun setelah dikarantina dan menjalani tes swab, hasilnya dinyatakan negatif atau bersih dari Virus Corona.

Baca: Sebelas Karyawan RSUD Kayen Reaktif Covid-19

Selama ditetapkan menjadi OTG, lanjutnya, kondisi mereka tidak menunjukkan gejala Covid-19, sehingga tidak dilakukan perawatan di rumah sakit. Pasien bisa dikatakan positif atau negatif apabila sudah melalui test swab.

“Jadi janganlah kita menjustifikasi kalau sudah dilakukan rapid bisa dikatakan covid. Tetapi kalau hasil laboratoriumnya melalui tes swab positif, berarti memang tertular covid- 19,” katanya, Senin (4/5/2020).

Sebelum melepas para pasien, Bupati menyerahkan surat keterangan hasil laboratorium kepada sebelas orang tersebut. Yang dinyatakan hasilnya negatif covid 19 dan diperbolehkan pulang.

Dalam kesempatan yang sama, Haryanto juga menyampaikan sampai hari ini ada enam pasien positif yang masih dirawat di rumah sakit. Untuk PDP ada 16 pasien yang dirawat di rumah sakit maupun menjalani isolasi mandiri.

Baca: Dewan Nilai Pemkab Pati Kurang Serius Tangani Covid-19

“Sedangkan yang masih dalam pantauan (ODP) ada 75 orang di berbagai kecamatan,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Bupati Saiful Arifin bersyukur atas hasil laboratorium sebelas OTG yang menjalani karantina mandiri di Hotel Safin.

“Proses ini cukup panjang dan saya berharap menjadi berita yang baik untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati, dan semoga tidak ada lagi yang positif,” harapnya.

Wabup menekankan bahwa Pemerintah Kabupaten Pati sangat serius dalam menangani Covid 19. Ia mengajak masyarakat untuk mencari- cari asal usul pasien terpapar. Safin mengatakan setiap pasien memiliki riwayatnya sendiri.

Untuk itu ia meminta agar masyarakat menaati anjuran pemerintah untuk tidak bepergian, apalagi keluar daerah yang tertular Covid-19.

“Pengalaman yang cukup diceritakan kepada saudara tetangganya bahwa saat ini jangan mudik jangan ke mana-mana dulu,” ajaknya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...