Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polindes di Gunung Muria Ini Disulap Jadi Tempat Karantina Pemudik

MURIANEWS, Kudus – Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus yang berada di Pegunungan Muria juga bergerak untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Selain membatasi pengunjung, pemerintah desa setempat juga menyiapkan tempat karantina.

Tempat karantina yang disiapkan berada di poliklinik desa (polindes). Tempat ini akan digunakan untuk mengkarantina pemudik yang pulang ke desa itu.

Rumah karantina tersebut berada tepat di sebelah Kantor Balai Desa Rahtawu, beberapa ruangan telah disiapkan mulai dari tempat administrasi hingga tempat tidur untuk pemudik.

Untuk kapasitasnya rumah karantina tersebut memiliki daya tampung maksimal enam orang.

Ruang karantina di Polindes Rahtawu, Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Kepala Desa Rahtawu Rasmadi Didik Aryadi menyatakan, rumah karantina tersebut sudah dapat ditempati oleh pemudik yang pulang ke Desa Rahtawu. Semua sarana prasarana seperti tempat tidur, kamar mandi, bantal, guling hingga petugas administrasi, bidan desa, dan relawan penjaga juga sudah disiapkan.

“Fasilitas makan juga ada gratis dari desa, nanti kami akan gunakan Dana Desa,” katanya, Senin (5/5/2020).

Baca: Cegah Corona, Hingga Tengah Malam Pun Ada yang Jaga Pintu Masuk Rahtawu Kudus

Menurutnya, penyiapan tempat tersebut sudah dimulai semenjak dua pekan lalu saat ada instruksi bahwa desa harus menyiapkan tempat karantina, sebagai antisipasi penuhnya tempat karantina yang disediakan oleh pemkab.

“Ada yang memilih karantina mandiri, kami izinkan tapi dengan membuat surat pernyataan hitam di atas-putih yang harus mereka penuhi selama karantina mandiri. Kalau tidak ya kami suruh ke rumah karantina,” ujarnya.

Selain itu, setelah ada yang selesai melakukan karantina mandiri diharuskan untuk datang ke Posko Siaga Covid-19 di rumah karantina, untuk dicek kesehatannya.

Sementara, jumlah pemudik di Desa Rahtawu saat ini berjumlah 147 orang. Namun, mereka telah selesai menjalankan karantina mandiri beberapa hari lalu.

“Tinggal beberapa orang saja yang belum selesai,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...