Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pengadaan APD Covid-19 di Jepara Baru 25 Persen, Alasannya Sulit Mendapatkan Barang

MURIANEWS, Jepara – Untuk mencukupi kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) dalam penanganan Covid-19, Pemkab Jepara menyatakan akan melakukan pengadaan barang.

Namun sampai saat ini, proses pengadaan barang untuk pemenuhan APD covid 19 ternyata belum semua terlaksana. Dari 20 ribu yang disebutkan, sampai saat ini baru terealisasi 25 persen saja.

Hal ini diakui oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 Jepara dokter Fachruddin, Minggu (3/5/2020). Menurutnya, pengadaan barang untuk APD dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara.

Baca: Laboratorium Kebanjiran Order, Hasil Swab Covid-19 Jepara Masih Nunggu Antrean

Sejauh ini baru sekitar lima ribuan barang yang sudah berhasil dibeli dari rencana 20 ribu APD yang dibutuhkan.

Menurut dr Facruddin yang juga merupakan Kabid Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit di DKK Jepara, belum terealisasinya pengadaan barang ini, bukan karena tidak ada dananya.

Untuk dana tidak ada masalah. Namun persoalan yang muncul adalah, barang yang dimaksud saat ini sulit didapatkan di pasaran.

“Jadi kendalanya seperti itu. Saat ini barangnya sulit didapatkan di pasaran. Kami juga harus benar-benar memperhatikan masalah kualitasnya. Sebab kalau tidak jelas, APD yang dipergunakan justru bisa membahayakan para penggunanya saat melakukan tindakan langsung,” ujarnya Minggu (3/5/2020).

Baca: Lagi PDP di Jepara Meninggal Dunia, Warga Pelang dan Sempat Dirawat Karena Miningitis

Sebelumnya, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid 19 Jepara, Edy Sujatmiko juga menyampaikan hal yang sama.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi GTPP Covid 19 yang digelar di Gedung Shima, Kamis (30/4/2020) lalu.

Saat itu Edy Sujatmiko yang juga Sekretaris Daerah Jepara, mempersilahkan semua pihak yang memiliki jaringan pengadaan APD covid 19 bisa menghubungi DKK Jepara.

Apa yang disampaikannya itu, terkait dengan sulitnya untuk bisa mendapatkan APD covid 19 pada saat sekarang ini.

Baca: Jadi Imam Musala, PDP Meninggal Asal Sowan Kidul Jepara Diperkirakan Kontak dengan Banyak Orang 

Sehingga jika memang ada pihak-pihak yang bisa memberikan akses cepat dalam masalah pengadaan barang APD ini maka bisa segera berkoordinasi dengan DKK selaku pelaksana kegiatan.

“Dananya ada, sudah siap. Tapi barangnya saat ini langka di pasaran. Itulah yang menjadi problem dalam masalah pengadaan APD ini. Jadi silahkan siapa yang memiliki akses untuk mendapatkan APD ini bisa disampaikan ke DKK Jepara,” ujar Edy Sujatmiko kepada para peserta rapat, saat itu.

Baca: Sempat Salat Tarawih Berjemaah, 56 Warga Tulakan Jepara Kontak Langsung dengan PDP Asal Pati Sebelum Meninggal

Meski masih belum bisa membeli seluruh kebutuhan APD, namun GTPP Covid 19 Jepara mengklaim tidak ada masalah dalam hal ini.

Meski baru tersedia 25 persen dari rencana pengadaan, namun untuk kebutuhan saat ini masih tercukupi. Hal ini karena juga ada beberapa APD hibah bantuan yang diterima dari berbagai pihak.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...