Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Bandungharjo Meninggal Mendadak, Pemakaman Ditangani Langsung oleh Tim Covid Kecamatan

MURIANEWS, Jepara – Tim Penanganan Covid-19 Kecamatan Donorojo, Jepara, akhirnya turun tangan untuk melakukan pemakaman warga Bandungharjo, Donorojo, yang meninggal, Sabtu (2/5/2020).

Karena meninggal mendadak, warga setempat takut untuk melakukan pemulasaraan jenazah. Hal itu sempat menimbulkan polemik, sebelum akhirnya Tim Covid-19 Donorojo turun tangan.

Camat Donorojo Eko Kasiono menyatakan kejadian ini memang sempat menimbulkan persoalan di warga. Namun setelah dilakukan pembicaraan, akhirnya pemulasaraan jenasah dan pemakaman bisa dilaksanakan.

Tim Covid-19 Donorojo akhirnya menerjunkan tim untuk memastikan jenazah bisa dimakamkan.

“Dengan peralatan APD seadanya akhirnya kami melakukan pemulasaraan jenasah sekaligus pemakamannya. Meskipun belum dipastikan Covid-19, namun dalam penanganan jenazah semua menggunakan APD,” ujar Eko Kasiono, Sabtu (2/5/2020).

Dijelaskan oleh Eko Kasiono, warga yang meninggal berinisial Muz, seorang wanita berusia 60 tahun. Warga tersebut tinggal di desa Bandungharjo, Donorojo, dan pada Sabtu (2/5/2020) pagi diketahui meninggal secara mendadak.

Menurut informasi yang diterimanya, Muz meninggal secara mendadak saat menonton televise di rumah tetangganya. Saat itu Muz mengeluh sesak nafas, dan si pemilik rumah berusaha berteriak minta tolong ke warga yang lain.

Namun karena kondisinya seperti itu, warga tidak berani memberikan pertolongan. Sampai akhirnya Muz diketahui meninggal dunia.

“Pemakaman sudah kami laksanakan di pemakaman desa setempat. Kami memang akhirnya harus turun tangan mengatasi masalah ini, karena warga memang ketakutan. Sejauh ini memang belum bisa dipastikan apakah meninggalnya disebabkan karena Covid-19 atau tidak,” ujar Eko Kasiono lagi.

Meski belum dipastikan apakah karena Covid-19 atau tidak, penanganan yang dilakukan tetap mengedepankan keselamatan. Semua petugas yang mengurusi jenasah semua mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), meskipun kondisinya seadanya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...