Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Pembangunan Pabrik di Sengon Bugel, Pemkab Jepara Dituntut Bisa Tegas

MURIANEWS, Jepara – Proses pembangunan sejumlah pabrik di Sengon Bugel, Mayong masih terus menjadi polemik di masyarakat Jepara.

Pasalnya, proses pembangunan ini masih terus berlangsung meskipun belum ada satupun izin yang dikantongi.

Salah satu penggiat Lingkungan Hidup Jepara Didid ES bahkan menilai Pemkab Jepara terkesan seperti berlindung dibalik kepentingan ekonomi. Kepentingan investasi seperti menjadi segala-galanya, sehingga mengabaikan kepentingan lingkungan hidup.

Dalam kasus ini seharusnya Pemkab bersikap tegas. Karena memang belum ada izinnya, proses itu tentu saja harus dihentikan. Pemkab Jepara juga harus bersikap teliti dalam melayani pengurusan izin yang harus dilakukan pemanfaat lahan.

“Jangan malah dijadikan sebagai kesepatan untuk memperoleh keuntungan sendiri oleh oknum-oknum tertentu dalam hal ini. Kalau saya melihat, seharusnya proyek tersebut sudah harus berhenti. Bagaimana proses ijinnya nanti juga akan banyak perdebatan. Belum ada ijin kok sudah dibangun, ini sudah pelanggaran berat dalam masalah lingkungan,” ujar Didid ES, Jumat (1/5/2020).

Dalam kasus ini, Didid juga melihat ada beberapa hal yang perlu dipertanyakan. Di antaranya adalah kepemilikan lahan seluas kurang lebih 20-an hektare tersebut.

Sampai saat ini, kabar yang beredar ternyata masih atas nama masing-masing warga. Padahal dari beberapa informasi, lahan itu sudah dikuasai oleh satu pihak.

Pihaknya khawatir, hal seperti ini jika dibiarkan akan menimbulkan potensi pengemplangan pajak. Kasus ini sudah terjadi pada salah satu perusahaan besar yang saat ini juga berdiri di wilayah Mayong.

Jadi, karena dokumen pajaknya belum berubah, maka pajak yang dibayarkan lebih sedikit. Dalam hal ini jelas merugikan pemasukan sektor pajak.

“Penegakan aturan harus jelas. Kawasan ini masuk zona apa? Megapolitan, Metropolitan, Kota Besar, Kota sedang atau zona apa. Semua sudah ada ketentuannya. Pemkab Jepara harus tegas dalam mengambil kebijakan sesuai dengan regulasi yang ada. Sebelum jelas penguasaan lahannya, ya jangan ada ijin dikeluarkan,” tegas Didid ES.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara Elida Farikah menyatakan, masalah pembangunan pabrik di Sengon Bugel sudah diputuskan untuk dihentikan dulu.

Keputusan ini diambil setelah dilakukan rapat pembahasan antar OPD terkait, pada Kamis (30/4/2020). Selanjutnya akan ada pertemuan lanjutan melibatkan semua pihak terkait dalam hal ini pada Selasa (5/5/2020).

Menurut Elida, pengembang juga sudah menyatakan bersedia menghentikan proyek pembangunan tersebut. Kemudian masalah perijinan akan segera dibahas lebih lanjut.

“DLH Jepara dalam hal ini sudah menyampaikan belum mengeluarkan satupun dokumen lingkungan terkait pembangunan di Sengon Bugel tersebut. Jadi ya memang logikanya harus dihentikan dulu,” ujar Elida.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...