Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Di Tengah Gelombang PHK, Pencari Kerja di Pati Justru Membeludak

MURIANEWS, Pati – Di tengah gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena pandemi Covid-19, ternyata para pencari kerja di Kabupaten Pati justru membeludak. Sebagian besar didominasi oleh lulusan sekolah tinggi menengah atas (SLTA).

Berdasarkan catatan Dinas ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Pati, ada sebanyak 5.755 pencari kerja. Data tersebut tercatat mulai dari 1 Januari 2020 hingga 11 April 2020.

Kepala Disnaker Pati Tri Hariyama mengatakan, rata-rata mereka yang mencari kerja adalah kaum milenial dengan usia sekitar 20 tahun. Namun ada juga yang usianya sudah dewasa dan berpengalaman kerja, tetapi hanya sedikit.

”Semua yang mencari kerja kami data. Kami pun berusaha untuk membantu mereka agar mendapatkan pekerjaan yang diinginkan,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (1/5/2020).

Dia menambahkan, saat ini pemerintah sudah menyiapkan kartu prakerja bagi warga yang belum bekerja maupun di PHK. Sehingga para pencari kerja juga bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu prakerja itu.

Apalagi, saat ini sudah bisa langsung atau online sehingga prosesnya lebih cepat dan lebih mudah.

”Kami sarankan kepada mereka agar mendaftar kartu prakerja. Semua sudah diatur oleh pemerintah pusat,” imbuhnya.

Di tengah kondisi seperti ini, diakuinya memang cukup sulit untuk mencari pekerjaan. Apalagi sudah banyak perusahaan yang merumahkan para pekerjanya. Sehingga, semuanya diharapkan bia memahami situasi seperti ini.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...