Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kapolda Jateng Ditarik ke Mabes Polri, Brigjen Luthfi Naik Jadi Kapolda

MURIANEWS, Semarang – Instansi Polri kembali melakukan mutasi jabatan. Ada sembilan Kapolda yang diganti dalam mutasi kali ini, salah satunya Kapolda Jateng Irjen Pol Ryco Amelza.

Kebijakan ini tertuang dalam surat telegram dengan nomor ST/1377/KEP/2020 yang diteken langsung Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Jumat (1/5/2020).

Khusus di tubuh Polda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza sebagai Kapolda Jawa Tengah diangkat jadi Kabaintelkam Polri.

Sedangkan jabatan Kapolda Jateng akan dijabat Brigjen Ahmad Luthfi. Sebelumnya, Lutfi menjabat sebagai Wakapolda Jateng.

Naiknya Brigjen Ahmad Luthfi menjadi Kapolda Jateng secara otomatis akan membuatnya menjadi perwira tinggi (pati) bintang dua atau Irjen Pol.

Sedangkan jabatan Wakapolda Jateng akan djabat Mantan Kapolrestabes Semarang Brigjen Abiyoso.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar Fitriana Sutisna membenarkan mutasi tersebut.

“Iya Betul ada mutasi tersebut,” terang Kombes Iskandar Fitriana Sutisna seperti dikutip dari Tribunjateng.com, Jumat (1/5/2020).

Selain Kapolda Jateng, dikutip dari detik.com, Kapolda Jawa Timur (Jatim) juga akan ditinggalkan Irjen Luki Hermawan. Dia dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri, menggantikan Irjen Boy Rafli Amar yang mendapat promosi job bintang tiga menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).

Jabatan Kapolda Jatim akan diisi oleh Irjen Fadil Imran yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya. Terkait jabatan Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius dimutasi sebagai Anjak Utama Bareskrim Polri.

Sementara itu jabatan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) akan ditinggalkan Irjen Priyo Widyanto. Dia ditunjuk menggantikan jabatan Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya. Jabatan Kapolda Sumsel akan diisi oleh Irjen Eko Indra Heri, yang saat ini menjabat sebagai Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM).

Lalu jabatan Kapolda Banten akan ditinggalkan Irjen Agung Sabar Santoso, yang dimutasi sebagai Anjak Utama Baharkam Polri. Posisi Kapolda Banten akan diisi Irjen Fiandar, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol).

Selanjutnya, jabatan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) akan ditinggalkan Irjen Ilham Salahudin, yang dimutasi menjadi Anjak Utama Itwasum Polri. Jabatan Kapolda Kalteng akan diisi oleh Brigjen Dedi Prasetyo, yang kini menjabat sebagai Karo Binkar SSDM Polri.

Jabatan Kapolda Bengkulu juga akan ditinggalkan Irjen Supratman, yang dimutasi sebagai Anjak Utama Sespim Lemdiklat Polri. Jabatan Kapolda Bengkulu akan diisi oleh Brigjen Teguh Sarwono yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Bengkulu.

Jabatan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) juga akan ditinggalkan Irjen Andap Budhi Revandoko. Dia dimutasi untuk penugasan pada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Jabatan Kapolda Kepri akan diisi oleh Irjen Aris Budiman, yang saat ini menjabat sebagai Ketua STIK Lemdiklat Polri.

Jabatan Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) juga akan ditinggalkan Irjen Yazis Fanani. Dia dimutasi untuk menggantikan Irjen Aris Budiman sebagai Ketua STIK Lemdiklat Polri. Jabatan Kapolda Kalsel akan diisi oleh Irjen Nico Afinta, yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Politik.

Terakhir, jabatan Kapolda NTB akan ditinggalkan Irjen Tomsi Tohir, yang ditunjuk menggantikan Irjen Nico Afinta sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Politik. Jabatan Kapolda NTB akan diisi oleh Irjen Mohammad Iqbal yang saat ini menjabat sebagai Kadiv Humas Polri.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Tribunjateng.com, Detik.com

Comments
Loading...