Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Seluruh Pemeriksaan Swab di Jepara Belum Keluar Hasilnya

MURIANEWS, Jepara – Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan (GTPP) Covid-19 masih menunggu hasil pemeriksaan swab dari beberapa kasus di Jepara.

Sampai Kamis (30/4/2020), semua spicemen yang sudah dikirim di Laboratorium Salatiga, belum keluar hasilnya.

Juru Bicara GTPP Covid 19 Jepara dokter Fachruddin mengatakan, pihaknya sebenarnya juga sudah menunggu hasil pemeriksaan swab tersebut.

Namun dari informasi yang ada, saat ini di Laboratorium Salatiga tengah menerima banyak order, sehingga penyelesaiannya agak mengalami keterlambatan.

Baca: Jadi Imam Musala, PDP Meninggal Asal Sowan Kidul Jepara Diperkirakan Kontak dengan Banyak Orang 

Dikatakan juga, saat ini ada banyak sample specimen tenggorokan yang sudah antre untuk diperiksa laborat di sana.

Jumlahnya, sempat dikabarkan mencapai ribuan specimen. Sehingga karena kewalahan, akhirnya diputuskan untuk tidak menerima lebih dahulu. Termasuk sample-sample yang sudah dikirim dari Jepara, sampai saat ini masih menunggu.

”Informasi yang kami terima seperti itu. Laboratorium pemeriksaan swab yang di Salatiga sudah penuh. Jadi antree. Jumlah antrennya katanya bahkan mencapai ribuan. Kami juga belum bisa memastikan kapan hasilnya bisa segera kita ketahui,” ujar dr Fachruddin, Kamis (30/4/2020).

Baca: Dinkes Pati Telusuri Kontak PDP Asal Gunungwungkal yang Meninggal di Jepara

GTPP Covid 19 Jepara sendiri sudah mengirimkan sejumlah sample swab terkait sejumlah kasus yang terjadi.

Di antaranya adalah Swab untuk keluarga inti dari kasus positif covid 19 di Nalumsari. Kemudian juga hasil swab untuk beberapa PDP yang sudah meninggal beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Sekretaris GTPP Covid 19 Jepara, Arwin Noor Isdiyanto, secara terpisah menyampaikan, terkait dengan pembatasan akses jalur transportasi, pihaknya mempersilahkan bagi yang berkepentingan untuk bisa mengurus surat keterangan jalan.

Mereka yang memiliki kepentingan untuk pergi ke luar daerah antarkabupaten atarprovinsi, harus melengkapi diri dengan surat keterangan dari GTPP Covir 19 Jepara.

Baca: Sempat Salat Tarawih Berjemaah, 56 Warga Tulakan Jepara Kontak Langsung dengan PDP Asal Pati Sebelum Meninggal

Surat keterangan jalan ini bisa digunakan untuk kepentingan para Warga Negara Asing (WNA) yang akan meninggalkan Jepara ke negara asalnya, perjalanan dinas, atau kepentingan lain yang alasannya bisa diterima.

Pengurusan surat ini bisa dilakukan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara.

“Jadi silahkan kalau ada yang akan pergi ke luar daerah, bisa mengurus surat keterangan jalan ini. Khusus untuk alasan kepentingan lain, maka BPBD akan melakukan assessment dahulu sebelum mengeluarkan surat. Jadi akan ditelaah apakah alasannya masuk memang beralasan,” ujar Arwin Noor Isdiyanto.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...