Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pandemi Covid 19, Persidangan Pidana di Jepara Dilakukan Secara Online

MURIANEWS, Jepara – Di tengah pandemi Covid-19, proses hukum di Kabupaten Jepara tetap dilaksanakan untuk memberi kepastian hukum.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Jepara dan Pengadilan Negeri (PN) Jepara hanya merubah tehnis persidangan yang dilaksanakan dengan sistem online.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jepara Saiful Bahri menyatakan, persidangan online untuk kasus pidana sudah dilakukan di Jepara. Prosesnya menggunakan tehnologi video conference (vicon) .

Untuk teknisnya, persidangan ini dilaksanakan di masing-masing kantor, baik di Kejari Jepara maupun di PN Jepara.

”Dengan persidangan online maka proses pelayanan hukum tetap bisa dilaksanakan dengan tetap memenuhi protokol pencegahan Covid-19. Dengan cara seperti ini, hampir tidak ada kerumunanan seperti yang dilarang dalam protokol penanganan Covid-19,” ujar Saiful Bahri, Kamis (30/4/2020).

Dalam sidang pidana online ini, para jaksa yang bertugas akan berada di ruangan vidcon di Gedung Kejari Jepara. Kemudian para Hakim yang bertugas juga akan berada di ruangan vidcon yang ada di di Gedung PN Jepara.

Sementara para terdakwa dan penasehat hukum menjadi bagian sidang di ruangan vidcon yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) II B Jepara, atau di ruang fasilitas Vidcon di Mapolres Jepara.

Meski berlangsung secara virtual, namun proses persidangan tetap berjalan seperti biasanya sesuai dengan aturan yang ada. Urutan dan tata persidangannya juga sama.

Satu hal yang membedakan hanyalah, semua pihak yang terlibat dalam sidang tidak berada dalam posisi berinterasi secara fisik langsung.

”Iya semuanya berjalan seperti biasanya persidangan dilakukan. Bedanya ya ini dilakukan melalui jaringan komunikasi secara on-line. Secara keseluruhan sama prosesnya dengan sidang yang biasa di gelar di ruang PN Jepara,” tegas Siful Bahri.

Selain sidang pidana lewat online, Kejari Jepara  juga melakukan terobosan terkait pelayanan tilang. Sejak diberlakukan tanggal 1 April 2020, pembayaran denda tilang dan pengambilan barang bukti berupa SIM dan STNK dapat dilakukan di Kantor Pos Indonesia Cabang Jepara.

Pembayaran denda tilang bisa dilakukan di Kantor Pos, yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jepara. Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah penularan virus covid 19.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...