Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kesadaran Physical Distancing Sering Diabaikan, Dandim Jepara: Harus Ada Penindakan

MURIANEWS, Jepara – Kesadaran masyarakat di Kabupaten Jepara untuk menerapkan physical distancing (menjaga jarak fisik) dan memakai masker masih perlu ditingkatkan.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0719 Jepara, Letkol Arm Suharyanto, melihat perkembangan yang terjadi terkait Covid-19 di Jepara.

Menurutnya, saat ini di jalanan, pasar tradisonal, hingga perkampungan masih banyak yang berkerumun dan duduk berdekatan tanpa mengenakan masker. Hal ini sebaiknya segera mendapatkan perhatian dari semua pihak, agar penyebaran virus Covid-19 bisa segera dihilangkan.

“Meskipun Alun-alun Jepara sudah ditutup, namun kenyataannya masih banyak warga yang melakukan aktivitas bersama di kawasan ini. Setiap sore banyak yang masih lewat sini, untuk berkerumun. Saya kira ini perlu mendapatkan perhatian,” ujar Letkol Arm Suharyanto, Selasa (28/4/2020).

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, seluruh jajaran TNI di Jepara siap membantu pemerintah daerah dalam menangani permasalahan di wilayah.

Pihaknya sejauh ini juga sudah menginstrukasikan kepada jajaranya di Koramil dan Babinsa untuk melaksanakan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat. Termasuk dalam hal ini imbuau agar masyarakat melakukan physical distancing.

Selain sosialisasi dan imbauan, juga melaksanakan pembelajaran kepada mereka agar seluruh masyarakat setiap keluar rumah memakai masker dan rajin cuci tangan pakai sabun.

Menurut Suharyanto, social distancing dan physical distancing harus dilaksanakan oleh masyarakat Jepara, agar penyebaran virus ini tidak semakin banyak.

“Saat kondisi siaga dan dinaikan menjadi tanggap darurat, selain imbauan dan sosialiasi, seharusnya juga dilakukan penindakan. Jika siaga darurat kita hannya melakukan imbauan, saat tangap darurat seharusnya sudah dilakukan tindakan. Mereka yang belum mematuhi imbauan dari pemerintah daerah ya harus dilakukan tindakan, terutama soal physical distancing,” tegasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...