Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cegah Penularan Covid-19, PPDB di Pati Digelar Secara Online

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mulai menyosialisasikan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Hal itu untuk menghindari persebaran virus corona atau Covid-19.

Bupati Haryanto mengatakan, PPDB tahun ini dilaksanakan sesuai Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 dan Peraturan Bupati Pati Nomor 21 Tahun 2020.

Untuk itu, ia meminta seluruh sekolah menyiapkan mekanisme PPDB yang sesuai protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di sekolah.

“Sedangkan PPDB untuk TK dan SD diusahakan oleh sekolah melalui mekanisme daring atau online, misalnya melalui aplikasi WhatsApp atau email sekolah,” terang Haryanto.

Kendati tidak ada pendaftaran melalui tatap muka, Haryanto menegaskan bahwa satuan pendidikan wajib mengumumkan pelaksanaan dan informasi PPDB secara jelas.

Informasi yang harus ditampilkan, kata Bupati meliputi jalur pendaftaran, perpindahan persyaratan, seleksi, daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar.

“Untuk hasil PPDB, sekolah wajib mengumumkan secara terbuka seperti informasi zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi melalui papan pengumuman sekolah, laman sekolah, maupun media lainnya,” terang orang nomor satu di Pati itu.

Bupati juga menyebutkan, persentase pendaftaran jalur zonasi 60 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua/ wali lima persen, dan jalur prestasi 20 persen dari daya tampung sekolah.

“Para kepala sekolah diharapkan mematuhi pembagian zonasi dan jumlah rombongan belajar yang telah diatur dalam Peraturan Kepala Dinas tentang PPDB TK dan SD,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, bila ada sekolah yang kelebihan pendaftar agar melaporkan ke Disdikbud. Dengan begitu bisa dialihkan ke sekolah lain yang lebih membutuhkan.

Ia juga berpesan agar nilai rapor dan piagam kejuaraan yang dimiliki calon peserta didik, baik akademik atau non akademik bisa dipakai dalam pendaftaran melalui jalur prestasi.

Bupati berpesan agar semua pihak mematuhi regulasi yang ada. Menurutnya dengan keterbukaan dan kepatuhan terhadap semua aturan pelaksanaan PPDB tahun 2020, akan dapat berjalan lancar dan kondusif.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...