Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lima Kerabat Dekat Pasien Corona Mayong Jepara Negatif Rapid Test

MURIANEWS, Jepara- Penanganan terhadap kasus positif Covid-19 di Mayong, Jepara, terus dilakukan. Saat ini sudah ada lima orang dari pihak keluarga inti pasien 04 Mayong, yang sudah dilakukan rapid test.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jepara dr Fachruddin menyatakan, selain keluarga inti juga ada beberapa pihak yang sudah masuk dalam daftar tracing. Secara keseluruhan ada 29 orang yang masuk dalam daftar.

Rinciannya, lima orang merupakan keluarga inti, kemudian sebanyak 18 orang yang merupakan tetangga dekat pasien dan enam orang teman sekolah yang sempat menjenguk.

Jumlah ini bisa saja akan bertambah, sambil menunggu perkembangan dalam penanganan yang dilakukan.

“Untuk keluarga inti sudah dilakukan rapid test. Jumlahnya ada lima orang dan mereka ini merupakan orang-orang yang paling memiliki kontak erat dengan pasien,” ujar dr. Fachrudddin, Minggu (27/4/2020).

Selain itu, sejumlah tetangga pasien yang sempat menjeguk juga akan segera dilakukan rapid test juga. Jika hasil rapid test menunjukkan reaktif, maka akan dilanjut untuk tes swab.

Meski demikian menurut dia, dari hasil yang sudah ada, lima orang anggota keluarga inti atau kerabat dekat yang sudah di-rapid test hasilnya semua negatif.

Sedangkan yang lainnya masih akan dijadwalkan kegiatan rapid testnya. Selanjutnya lima orang keluarga inti yang sudah dirapid test, akan kembali dirapid test ulang untuk kesempatan kedua.

Semua yang masuk dalam daftar tracing juga sudah diinstruksikan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak desa untuk mengawasi secara ketat program isolasi mandiri terhadap 29 orang tersebut.

“Untuk keluarga inti yang berjumlah lima orang sudah dirapid dan hasilnya negatif. Tapi ini juga masih belum jaminan, karena mereka masih akan kembali dirapid untuk kali kedua. Nanti waktunya akan dijadwalkan lagi. Semua harus menjalani isolasi mandiri,” terangnya.

Pasien 04 Mayong sendiri saat ini sudah dirawat di ruang isolasi khusus di RS Rehatta, Donorojo, Kecamatan Keling, Jepara.

Perawatan isolasi dilakukan sejak yang bersangkutan hasil swabnya diketahui positif. Sejauh ini kondisi pasien dinyatakan baik-baik saja.

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...