Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ramadan, Harga Bawang Merah di Pati Melonjak

MURIANEWS, Pati – Harga bawang merah memasuki bulan suci Ramadan melonjak. Bahkan, kenaikannya bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

Hal itu diakui oleh petani bawang merah Desa Bangsalrejo, Kecamatan Wedarijaksa Jasman. Dia mengatakan, kenaikan harga bumbu dapur itu sudah sejak dua pekan lalu.

“Kenaikan sampai 75 persen dibandingkan sebelumnya,” kata Jasman, Sabtu (25/4/2020).

Lebih lanjut, saat ini untuk satu kilogram bawang merah ukuran besar harganya mencapai Rp 38 ribu. Sementara untuk ukuran sedang mencapai Rp 29 ribu per kilogram.

Sementara harga sebelumnya, untuk bawang merah ukuran besar hanya Rp 22 ribu per kilogram. Sedangkan untuk ukuran sedang mencapai Rp 18 ribu per kilogram.

Menurutnya, melambungnya harga bawang merah itu lantaran saat ini hanya sedikit petani yang panen. Bahkan sebagian besar justru bawang merah dari luar daerah yang kemudian di jual di pasaran.

“Panen masih sedikit, sementara kebutuhan dan permintaan banyak. Karena itu harganya juga tinggi,” imbuhnya.

Diperkirakan, harga bawang merah tersebut akan kembali stabil pada pertengahan puasa atau pertengahan Mei. Sebab, pada saat itu banyak petani yang panen sehingga mampu mencukupi kebutuhan bumbu dapur masyarakat.

“Dua minggu ke depan harganya masih tinggi. Tapi setelah itu, pertengahan Mei, harganya kembali normal karena banyak petani yang panen,” tutupnya.

 

Reporter: Choliw Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...