Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Kegiatan Ramadan, Ketua MUI Jepara Tegaskan Ikuti Keputusan Pemerintah Pusat

MURIANEWS, Jepara – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jepara KH Mashudi menegaskan, lembaganya akan mengikuti keputusan yang telah diambil Pemkab Jepara terkait pelaksanaan Ramadan di masa pandemi Covid-19.

Pernyataannya tersebut disampaikan usai mengikuti Rapat Forkopimda Jepara, Kamis (24/4/2020).

Pada rapat yang digelar di Ruang Kerja Bupati Jepara tersebut, KH Mashudi memang sempat terlibat perdebatan sengit dengan Wakil PCNU Jepara Hisyam Zamroni, wakil PD Muhamadiyah Jepara Asep Sutisna dan perwakilan Kemenag Jepara.

Namun setelah dilakukan diskusi cukup panjang, akhirnya KH Mashudi menyampaikan kesepakatannya. Keputusan rapat siang itu akhirnya dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Jepara.

Secara keseluruhan Surat Edaran Bupati Jepara ini penyusunannya didasarkan pada SE Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 (Tentang Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadhan di tengah pandemi Corona) dan Tausiah dari pengurus MUI Jawa Tengah.

“Kami menyepakati dan mengikuti serta membijaksanai keputusan dari pemerintah pusat dan MUI Jawa Tengah. Kami akan melaksanakannya, agar penyebaran virus segera berakhir. Saya kira itu saya. Terima kasih,” ujar KH Mashudi, Kamis (24/4/2020).

Sementara itu Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta masyarakat bisa memedomani ketentuan-ketentuan yang ada di Surat Edaran yang disampaikannya.

Semua yang disampaikannya muaranya hanya satu yakni agar penyebaran virus Covid-19 yang saat ini terjadi bisa segera berakhir.

Keputusan ini juga sudah dibicarakan secara seksama dengan semua pihak terkait. Termasuk dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), dan Pengurus Daerah (PD) Muhamadiyah.

Sehingga masyarakat semua bisa menggunakan Surat Edaran Bupati Jepara tersebut sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan Bulan Ramadan.

“Mari kita sama-sama memedomani apa yang sudah disampaikan oleh Pemerintah. Semuanya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk keselamatan kita semua. Mari di Bulan Ramadhan ini kita sama-sama berdoa agar pandemi ini segera berakhir,” tegas Dian Kristiandi, dalam kesempatan yang sama.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...