Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Warga Binaan Lapas Pati Dibebaskan, Pemkab Lakukan Pengawasan Ketat

MURIANEWS, Pati – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati membebaskan 95 warga binaan. Pembebasan ini pun diakui menjadi beban bagi pemerintah Kabupaten Pati di tengah pandemi Covid-19.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, sebelumnya ada 63 warga binaan yang dibebaskan oleh Lapas Pati. Kemudian hari ini dibebaskan lagi sebanyak 32 orang, sehingga totalnya ada 95 orang.

“Ini menjadi beban lantaran kita harus mengawal dan mengawasi, baik yang ada di desa maupun di Kecamatan. Dan sudah saya perintahkan para camat dan kepala desa untuk memantau dan meminta supaya mereka isolasi mandiri,” katanya, Kamis (23/4/2020).

Dia juga mengatakan, 63 warga binaan yang dibebaskan sebelumnya, terpantau ada di 18 kecamatan. Meski demikian, seluruhnya belum dirapid tes karena yang terbatas atau belum datang.

“Insyallah Jumat nanti kalau sudah datang akan kita rapid tes. Sedangkan untuk 32 warga binaan yang dikeluarkan hari ini masih belum terpantau dari berapa kecamatan,” jelasnya.

Haryanto berpesan kepada warga Pati agar turut serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jangan pergi jauh-jauh. Kenapa, Pak Presiden juga sekarang melarang, itu karena ada potensi-potensi tempat yang dilewati dan disinggahi adalah tempat pandemi. Hal ini tentu akan menjadi persoalan karena riwayat yang terpapar ini semuanya ada riwayat dari luar daerah,” terangnya.

Ia pun mewajibkan masyarakat agar saat keluar rumah memakai masker.

“Jangan beranggapan bahwa masker ini tidak ada manfaatnya karena masker adalah pelindung. Selalu cuci tangan pakai sabun setiap selesai melakukan kegiatan, melakukan sosial distancing, dan menghindari kerumunan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...