Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kasus Corona di Kudus Jadi 12 Orang, Tiga PDP Meninggal Terkonfirmasi Positif

MURIANEWS, Kudus – Kasus terkonfirmasi postif Covid-19 di Kabupaten Kudus hingga Rabu (22/4/2020) siang bertambah menjadi 12 kasus. Ada dua kasus positif baru, di mana salah satunya telah meninggal dunia dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

PDP yang meninggal tersebut merupakan seorang laki-laki berumur 31 tahun asal Kaliwungu, Kudus. Pasien meninggal pada 15 April 2020 lalu di Rumah Sakit Kumala Siwi Kudus.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kudus dr Andini Aridewi, Rabu (22/4/2020) mengatakan, hasil swab pasien tersebut baru keluar Selasa (21/4/2020) kemarin. ”Hasil swabnya dinyatakan positif Covid-19,” katanya.

Ia menjelaskan, pasien tersebut  datang ke RS Kumalasiwi pada 15 April 2020 lalu dengan penyakit penyertanya dan langsung dilakukan swab. Namun pada hari itu juga, kondisinya semakin memburuk dan meninggal dunia.

Pihak puskesmas, kata Andini, kini tengah menelusuri rekam kontak pasien positif yang meninggal dengan status PDP tersebut. Untuk kemudian dilakukan rapid test dan isolasi mandiri.

Dengan demikian di Kudus sudah ada tiga PDP yang meninggal dan hasil swabnya menyatakan positif corona. Ketiganya meninggal dengan status PDP sebelum hasil swabnya keluar.

Selain dari Kaliwungu, dua PDP lain yang meninggal itu berasal dari Kecamatan Dawe, dan Kecamatan Bae, Kudus.

Sementara itu, satu kasus corona terbaru lainnya yang dirawat di Kudus, merupakan pasien asal Kecamatan Dawe, Kudus. Pasien itu merupakan seorang wanita berusia 36 tahun dan dirawat di RS Aisiyah Kudus sejak 12 April 2020 lalu.

“Kemudian tanggal 14 April 2020 pasien dimasukkan ke ruang isolasi, namun sudah boleh pulang pada 17 April 2020,” ujarnya.

Saat diperbolehkan pulang kondisi pasien sudah membaik, namun hasil swab belum keluar. Hasil lab sendiri baru keluar pada 21 April 2020 kemarin, dengan status positif corona.

”Pasien kemudian dijemput dan dilakukan perawatan di Rumah Sakit Aisiyah Kudus. Pasien mempunyai riwayat ke Jepara dan sudah kami koordinasikan dengan Pemkab Jepara,” terangnya.

Dengan penambahan dua kasus tersebut, Kabupaten Kudus kini secara akumulatif telah mencatat 12 kasus positif Covid-19. Lima di antaranya kini masih menjalani perawatan intensif di tiga rumah sakit. Yakni di RSUD Loekmono Hadi Kudus, RS Mardi Rahayu, dan RS Aisyiah Kudus.

Sementara empat kasus lainnya telah dinyatakan sembuh. Yakni Pasien Asal Kabupaten Pati, Pasien Kecamatan Kota dan Bae, Kudus, serta satu lagi pasien dari Kabupaten Jepara. Tiga lainnya merupakan PDP yang meninggal dan hasil swab menunjukkan positif.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...