Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Status Naik Jadi Tanggap Darurat, Polres Jepara Gelar Apel Kontijensi

MURIANEWS, Jepara – Polres Jepara langsung melakukan respon terhadap peningkatan status bencana Covid-19 menjadi tanggap darurat. Respon tersebut diungkapkan dengan menggelar Apel Konijensi.

Apel ini sekaligus menandai dimulainya Operasi Aman Nusa II Candi 2020. Apel yang diikuti oleh semua bagian penanganan Covid 19 di Jepara, berlangsung di halaman Mapolres Jepara, Rabu (22/4/2020).

Sejumlah pasukan ikut ambil bagian dalam apel ini. Masing-masing dari Gabungan Kapolsek Jajaran Polres Jepara dan Perwira Staff Polres Jepara, Pasukan Kodim 0719 Jepara, Satuan Sabhara Polres Jepara, Satuan Lantas Polres Jepara, Gabungan Staff Polres Jepara, Gabungan Polsek Jajaran Polres Jepara, Gabungan Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Sat Narkoba Polres Jepara.

Kemudian juga pasukan dari Satpol-PP Kabupaten Jepara, Dishub Kabupaten Jepara, BPBD Kabupaten Jepara dan Linmas Kabupaten Jepara.

Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto mengatakan, apel kontijensi ini merupakan upaya penanggulangan Covid 19 yang semakin bertambah luas penyebarannya. Dengan apel ini diharapkan status covid di Jepara tidak sampai merah 2 dan  merah 3.

”Jadi saat ini Jepara berada di situasi merah 1, di mana terdapat dua rumah sakit rujukan. Rencananya jika kedua RS ini penuh, maka akan disiapkan tempat perawatan pasien lagi yaitu di Asrama UNDIP Teluk Awur dan BLK Pecangaan. Apabila masih tidak muat maka akan dibuat tempat lagi di Rumah Dinas Bupati Jepara,” ujar Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto, Rabu (24/4/2020).

Selanjutnya AKBP Nugroho Tri Nuryanto juga menjelaskan mengenai situasi merah 2 dan 3. Untuk situasi merah 2 dinyatakan pada saat kriminalitas meningkat, terjadinya kelangkaan sembako, pabrik – pabrik tutup, pengangguran semakin banyak terjadi dan terjadinya penjarahan massa.

Kemudian pada situasi Merah 3, dinyatakan apabila tempat –  tempat kota tetangga terjadi kelangkaaan sembako, imigrasi masyarakat dari luar kota yang akan menjarah ke kota lain (penjarahan ke luar kota) maka perlu dibuat posko terpadu di perbatasan antar kota. Situasi ini sudah disiapkan berbagai rencana antisipasinya.

“Jadi kita sudah siapkan semua rencana antisipasi terhadap situasi-situasi yang tidak kita inginkan bersama. Paling penting saat ini adalah bagaimana menghentikan virus ini agar tidak terus berkembang. Sehingga situasi merah 2 dan 3 tidak pernah terjadi,” tambah AKBP Nugroho Tri Nuryanto.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan peragaan Tactical  Floor Game OPS Kontijensi Aman Nusa II Candi 2020 Polres Jepara. Dengan menggelar peta operasi di halaman Mapolres semua peserta Apel diajak untuk mendiskripsikan rencana-rencana yang akan dilakukan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...