Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pasien Covid-19 Asal Bae Kudus Dinyatakan Sembuh

MURIANEWS, Kudus – Satu lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kudus dinyatakan sembuh Covid-19 usai swab ulangannya menunjukkan hasil yang negatif. Pasien tersebut, merupakan kasus kedua terkonfirmasi Covid-19 di Kudus yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

Pasien, diketahui berjenis kelamin laki-laki dan merupakan warga Kecamatan Bae, Kudus. Dia, telah diisolasi di RSUD Loekmono Hadi Kudus sejak empat April lalu dan sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Hari ini ada satu lagi pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh,” ucap Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 dokter Andini Aridewi Selasa (21/4/2020) sore.

Hasil swab pasien sendiri, kata Andini, baru diterima hari ini dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

“Kunci agar sembuh dari virus ini adalah selalu mengedepankan pikiran yang positif,” katanya.

Sementara untuk perkembangan kasus secara keseluruhan, sampai saat ini di Kabupaten Kudus terdapat Orang Tanpa Gejala (OTG) 40 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih dipantau 158 orang.

Kemudian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 96 orang. Sebanyak 68 orang di antanya berasal dari dalam wilayah.

Dengan rincian, pasien dalam perawatan 28 orang, dirujuk satu orang, dan 25 PDP pulang sehat. Serta 14 PDP meninggal.

Sementara untuk kasus PDP luar wilayah berjumlah 28 PDP, sebanyak 9 PDP dirawat, satu PDP dirujuk, 13 PDP pulang sehat, dan lima PDP meninggal.

“Sedangkan kasus konfirm kasus Covid-19 sejumlah 10 orang dengan rincian empat orang dirawat, empat dinyatakan sembuh, dan dua kasus meninggal,” terangnya.

Oleh karena itu, Andini berharap masyarakat bisa mematuhi anjuran pemerintah untuk social distancing (menjaga jarak sosial). Dengan cara tidak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang sangat penting dan physical distancing (menjaga jarak fisik).

Anjuran untuk memakai masker ketika berada di luar rumah juga diharapkan bisa dilakukan semua kalangan masyarakat. Rajin mencuci tangan saat akan dan setelah bepergian juga diminta untuk terus dilakukan.

“Dengan tujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kudus,” tambahnya.

Dalam upaya pencegahan penularan, Pemerintah Kabupaten Kudus menyediakan tempat karantina bagi pemudik di Rusunawa Bakalan Krapyak, Balai Diklat Sonyawarih Menawan, serta Graha Muria Colo.

Sampai saat ini terdapat 58 orang di Rusunawa Bakalan Krapyak dan 24 orang di Balai Diklat Sonyawarih Menawan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...