Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Polres Kudus Siapkan Tim Pemulasaran dan Pemakaman Jenazah Covid-19

MURIANEWS, Kudus – Kepolisian Resor (Polres) Kudus menyiapkan satu tim khusus untuk membantu pemulasaran serta pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang meninggal dan dimakamkan di Kudus.

Pelatihan teknis terkait standar operasional prosedur tersebut pun rampung digelar pada Selasa (21/4/2020). Pelatihan menggandeng pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus.

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi mengatakan, tim khusus pemulasaran dan pemakaman jenazah dibentuk sebagai langkah antisipasi jika ada penolakan pemakaman jenazah di masyarakat. Jumlah anggota yang diberi pelatihan sendiri berjumlah sepuluh orang.

“Kami siapkan sepuluh orang sebagai tim khusus pemulasaran jenazah Covid-19 di Kudus,” ucapnya.

Untuk materi pelatihan, katanya, juga telah sesui dengan tahapan penanganan jenazah yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Dimana proses dimulai ketika jenazah masih berada di rumah sakit. Kemudian dibawa menggunakan mobil jenazah. Untuk kemudian tim khusus Polres Kudus turut menangani dalam proses pemakamannya.

“Untuk proses pemulasaran memang perlu sinergitas antarpihak, dalam hal ini petugas medis rumah sakit,” katanya.

Dalam simulasi tersebut tim khusus diedukasi tentang tata cara penggunaan alat pelindung diri (APD) dengan benar.

Pasalnya, proses pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19, juga harus menggunakan APD yang benar dan lengkap.

“Simulasi ini untuk memudahkan tim yang terlibat saat menangani jenazah jika terjadi nantinya,” tambahnya.

Protokol usai pemakaman juga turut diperagakan. Di mana para personel harus membukan APDnya secara bertahap. Setelah sebelumnya, disemprot cairan disinfektan dan antiseptik.

“Sehingga personel tidak terpapar dan tetap kembali aman,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...