Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Minta Masukan Penanganan Covid-19, Anggota DPRD Jateng Berkunjung Ke Jepara

MURIANEWS, Jepara – Sejumlah anggota DPRD Jawa Tengah yang berasal dari Dapil III Jawa Tengah, melakukan kunjungan ke Jepara, Selasa (21/4/2020). Mereka berkunjung untuk meminta masukan penanganan Covid-19.

Anggota DPRD yang berasal dari lintas fraksi ini pun mengunjungi sejumlah tempat. Di antaranya RSUD Kartini Jepara, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, dan dua buah Puskesmas masing-masing di Betealit dan Pakis Aji.

Mereka yang datang ke Jepara antara lain Nur Saadah (PKB), M. Nur Khabsyin, Sri Hartini, Andang Wahyu Triyanto (PDI-P), Denny Nurcahyanto, Mawahib (Golkar), Akhwan, Setia Budi Wibowo (PKS), Nurul Furqon (PPP), dan H. Helmy Turmudhi (Demokrat).

Menurut Andang Wahyu Trianto, kedatangan pihaknya ke Jepara merupakan bagian dari tugas monitoring yang dilakukan DPRD Jawa Tengah. Semua anggota DPRD Jawa Tengah ditugaskan untuk melakukan monitoring ke Dapil (Daerah Pemilihan) masing-masing berasal.

Dalam kesempatan ini pihaknya berharap bisa mendapatkan masukan-masukan, informasi dan gambaran mengenai usaha penanganan Covid-19 yang saat ini dilaksanakan masing-masing daerah. Dengan kegiatan ini diharapkan ada masukan-masukan untuk bahan evaluasi bagi kegiatan penanganan di tingkat Jawa Tengah.

“Dari informasi dan gambaran yang kami peroleh ini, nantinya kami bisa memberikan usulan-usulan kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah, terkait dengan penanganan Covid 19 ini. Sehingga perbaikan-perbaikan agar penanganan bisa dilakukan lebih efektif dan efisien bisa dilaksanakan,” ujar Andang Wahyu Triyanto, Selasa (21/4/2020).

Selain menyambangi sejumlah tempat, para anggota DPRD Jawa Tengah tersebut juga menyampaikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk kepentingan penanganan Covid-19. Bantuan berupa baju APD, Masker dan Hands Sanitizer disampaikan di masing-masing tempat yang dikunjungi.

Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun bantuan yang disampaikan diharapkan bisa membantu upaya-upaya penanganan virus ini. Penanganan virus Covid 19 memang membutuhkan peran serta dari semua pihak.

Sementara itu, Kepala DKK Jepara, Mundrikatun, saat menerima rombongan menyampaikan apresiasi dan terima kasih. Perhatian yang diberikan oleh para anggota DPRD Jawa Tengah, setidaknya memberi motivasi upaya penanganan Covid-19.

Selanjutnya, Mudrikatun juga melaporkan perkembangan terkini terkait penanganan covid 19 di Kabupaten Jepara. Menurutnya, satu hal yang masih menjadi kendala adalah sikap mental masyarakat yang masih menganggap ‘enteng’ virus ini.

“Covid-19 memerlukan partisipasi masyarakat secara luas. Termasuk dalam penerapan social distancing di masyarakat. Di Jepara sikap perilaku masayarakat masih belum seperti yang diharapkan. Baik soal berkerumun, soal mengenakan masker dan sikap tanggung jawab menjalankan isolasi mandiri masih lemah,” ujar Mundrikatun, Selasa (21/4/2020).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...