Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Napi Asimilasi Bikin Ulah, Polda Jateng: Tembak di Tempat!

0 2.165

MURIANEWS, Semarang – Polda Jateng menyatakan akan bertindak tegas terhadap pelaku tindak kejahatan termasuk narapidana (napi) asimilasi. Bahkan, mereka tak akan segan untuk melakukan tembak di tempat apabila aksi napi membahayakan petugas maupun masyarakat.

”Apabila mereka masih melakukan tindak pidana, maka Polda Jateng akan melakukan tindakan tegas,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar Fitriana Sutisna, seperti dikutip Solopos.com, Selasa (21/4/2020).

”Bahkan bila sudah meresahkan dan menyakiti masyarakat kita tidak segan-segan untuk lakukan tembak melumpuhkan,” tegasnya.

Hal itu dilakukan menyusul maraknya napi asimilasi yang kembali melakukan kejahatan di tengah pandemi virus corona.

Baca: Baru Bebas Berkat Asimilasi Corona, Residivis di Jepara Kembali Ditangkap Karena Cabuli Anak SD

Berdasarkan catatan Polda Jateng ada sekitar 1.771 napi di Jawa Tengah yang mendapat pembebasan melalui program asimilasi. Dari jumlah napi asimilasi itu, beberapa di antaranya kembali berulah atau melakukan tindak kejahatan sehingga kembali dipenjara.

”Sudah ada sembilan orang napi asimilasi yang tertangkap lagi karena melakukan kejahatan atau tindak pidana. Mereka melakukan kejahatan di beberapa daerah antara lain Kota Semarang, Jepara, Sukoharjo, Kebumen, Sragen, Banyumas, dan Surakarta [Solo],” terangnya.

Iskandar mengatakan tindak kriminalitas napi asimilasi di Jateng yang dipenjara lagi itu beraneka ragam. Mulai dari kasus pencurian sepeda motor (ranmor), percobaan pencurian, pencurian dengan pemberatan (curat), dan penggelapan atau penipuan.

Ada juga yang melakukan tindak kejahatan seperti penyalahgunaan narkoba, penganiayaan berat, hingga pencabulan anak di bawah umur.

”Kita terus melakukan upaya pengawasan keberadaan dan kegiatan yang dilakukan para napi asimilasi. Kita juga terus berkoordinasi dengan pihak LP, kades, kelurahaan, RT/RW melalui Bhabinkamtimbas,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.