Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

RS Mardi Rahayu Kudus Terapkan Satu Kamar Satu Pasien untuk Cegah Corona

MURIANEWS, Kudus – Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus mulai menerapkan sistem satu kamar satu pasien untuk mencegah penyebaran virus corona di rumah sakit itu. Hal tersebut dilakukan mengingat RS Mardi Rahayu merupakan rumah sakit rujukan lini dua untuk penanganan Covid-19 di Kudus.

Direktur RS Mardi Rahayu dokter Pujianto mengatakan, semua ruang rawat inap di RS Mardi Rahayu Kudus sudah memenuhi standar Kementerian Kesehatan. Termasuk untuk jarak aman antarpasien di kamar yang berisi lebih dari satu pasien.

“Jadi sudah bisa diterapkan satu kamar satu pasien, pelaksanaannya mulai hari ini,” katanya Senin (20/4/2020).

Puji mengatakan, untuk kamar kelas VVIP, Eksekutif, dan VIP memang sejak awal sudah diisi satu kamar satu pasien. Namun untuk kelas 1, 2, dan 3 baru dilakukan mulai hari ini.

Sementara untuk beberapa kamar kelas III yang kamarnya lebih luas, bisa diisi dua pasien bila memang jumlah pasien melebihi jumlah kamar yang tersedia.

“Soal biaya tidak ada masalah. KT3B akan kami terapkan dalam program ini sehingga pasien tidak perlu nombok walaupun ditempatkan di atas hak kelasnya dalam program ini,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mengedukasi petugas medis dan nonmedis tentang bahaya dan pencegahan tertular Covid-19, tidak adanya jam besuk bagi pasien rawat inap, serta pemberlakukan akses satu pintu bagi petugas medis, pasien, maupun pendamping pasien.

“Sudah dimulai sejak Febuari lalu, hingga kini terus dimaksimalkan pelaksanaannya, jadi tiap masuk karyawan kami screening terlebih dahulu. Untuk penambahan vitamin karyawan dan tenaga medis selalu kami lakukan tiap harinya. Mulai dari pemberian madu, hingga multivitamin lain,” tambahnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...